6 Olahraga yang Bisa Menurunkan Berat Badan dalam 15 Hari, Tai Chi Efektif Bakar Lemak

6 Olahraga yang Bisa Menurunkan Berat Badan dalam 15 Hari, Tai Chi Efektif Bakar Lemak

Gaya Hidup | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 23:15
share

Beberapa jenis olahraga bisa menurunkan berat badan dalam 15 hari. Manfaat olahraga sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, olahraga rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, tidak semua jenis olahraga bisa membantu mencapai hasil penurunan berat badan yang sama.

Jika Anda mencari olahraga sederhana yang membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak perut lebih cepat, berikut adalah daftarnya seperti dilansir dari Times of India, Minggu (20/10/2024).

6 Olahraga yang Bisa Menurunkan Berat Badan dalam 15 Hari

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Olahraga Lari Bisa Picu Serangan Jantung bagi Orang dengan Riwayat Penyakit Kardiovaskular

1. Aerobik

Latihan aerobik, juga dikenal sebagai kardio, adalah salah satu metode yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Aktivitas seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda dapat meningkatkan detak jantung dan membantu mengurangi timbunan lemak tubuh.

Orang yang melakukan latihan aerobik secara teratur dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan merasa lebih berenergi sepanjang hari.

2. Latihan Kekuatan

Mengangkat beban atau melakukan latihan beban tubuh seperti push-up dan squat juga dapat membentuk otot dan mencegah penambahan berat badan. Latihan kekuatan memastikan pembentukan otot dan pemanfaatan lemak sebagai energi yang dibutuhkan untuk mengangkat beban, yang menghasilkan penurunan berat badan lebih cepat.

3. Yoga

Yoga dan peregangan ringan dapat sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena keduanya memperkuat otot dan fleksibilitas sekaligus mengencangkan tubuh. Olahraga yang meliputi pernapasan dalam, meditasi, dan gerakan ringan dapat mengencangkan tubuh dan mempersiapkan tubuh untuk penurunan berat badan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg ala Marshanda, Olahraga 5 Kali Seminggu

4. Pilates

Pilates adalah olahraga berdampak rendah lainnya yang dapat meningkatkan kekencangan tubuh. Olahraga ini berfokus pada kekuatan inti, fleksibilitas, dan pernapasan terkendali, yang dapat membantu mengencangkan otot dan bokong serta menghasilkan penurunan berat badan. Pilates dapat dilakukan di malam hari untuk membantu Anda rileks dan tidur.

5. Tai Chi

Tai Chi adalah bentuk seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat dan mengalir dengan pernapasan dalam dan meditasi. Olahraga ini dikenal karena efek menenangkannya dan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, yang dapat meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan.

Berlatih Tai Chi secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan ketenangan pikiran, sehingga memudahkan Anda tertidur yang diperlukan untuk membakar lemak.

6. Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur dan menghilangkan stres yang mengurangi produksi kortisol dalam tubuh yang menyebabkan lemak perut.

Teknik seperti pernapasan diafragma, di mana bernapas dalam-dalam ke perut, dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Melakukan latihan ini sebelum tidur dapat mempersiapkan tubuh untuk tidur dengan menurunkan detak jantung dan meningkatkan relaksasi.

Baca Juga: 8 Olahraga Ringan untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Mudah Dilakukan di Rumah

Topik Menarik