8 Artis yang Dapat Gelar Doktor Kehormatan, Ada Legendaris Tinju hingga Diva Pop Dunia

8 Artis yang Dapat Gelar Doktor Kehormatan, Ada Legendaris Tinju hingga Diva Pop Dunia

Berita Utama | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:29
share

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa artis yang dapat gelar doktor kehormatan menjadi sorotan publik. Beberapa artis di tak hanya bersinar di dunia hiburan, tetapi juga menerima pengakuan akademis tertinggi melalui gelar doktor kehormatan.

Gelar ini diberikan sebagai penghargaan atas kontribusi mereka yang luar biasa di bidang seni, budaya, hingga kemanusiaan. Gelar doktor kehormatan ini bukan hanya penghargaan semata, tetapi juga simbol pengakuan atas dampak positif yang mereka bawa di luar industri hiburan.

Lantas, siapa saja artis yang dapat gelar doktor kehormatan atas dedikasi dan pengaruh mereka di berbagai bidang. Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (1/10/2024).

Artis yang Dapat Gelar Doktor Kehormatan

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad menerima gelar doktor kehormatan atas kontribusinya dalam mengembangkan industri hiburan di Indonesia, baik konvensional maupun digital. Dia berterima kasih kepada keluarga, tim, dan masyarakat atas dukungan, serta berjanji untuk terus memberikan dampak positif dan menciptakan ruang bagi kreativitas publik.

2. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey telah menerima beberapa gelar doktor kehormatan dari berbagai institusi, termasuk universitas Ivy League dan internasional. Dia mendapat gelar Doctor of Fine arts dari Princeton pada 2002, Doctor of Humane Letters dari Duke pada 2009, dan Doctor of Laws dari Harvard pada 2013. Pada 2011, dia juga menerima gelar dari University of the Free State di Afrika Selatan atas kontribusinya pada pendidikan.

3. Muhammad Ali

Petinju legendaris Muhammad Ali menerima gelar doktor kehormatan dari Mount Ida College pada 1994. Selain itu, dia dianugerahi gelar dari Columbia University pada 1999, Muhlenberg College pada 2009, serta gelar Doctor of Humanities dari Princeton University pada 2007.

4. Celine Dion

Penyanyi legendaris Celine Dion menerima gelar kehormatan Doctor in Music dari Laval University pada 2008. Diva Pop dunia ini juga meraih gelar Doctor of Music dari Berklee College of Music pada Mei 2021.

5. Meryl Streep

Meryl Streep menerima gelar doktor kehormatan Doctor of Fine Arts dari Universitas Yale pada 1983, serta gelar serupa dari Universitas Dartmouth, University Princeton pada 2009, Universitas Harvard pada 2010, dan Universitas Indiana pada 2014.

6. Ed Sheeran

Ed Sheeran dianugerahi gelar doktor kehormatan dari University Campus Suffolk di Inggris pada 2015 atas “kontribusinya luar biasa di bidang musik.” Dia menerima gelar tersebut dengan mengenakan gaun warna-warni, topi tradisional, dan sepatu Converse, serta berbagi kegembiraannya di Instagram.

7. Taylor Swift

Penyanyi terkenal Taylor Swift menerima gelar doktor kehormatan dari New York University di Amerika Serikat. Dia dianugerahi Honorary Doctorate of Fine Arts atas kontribusinya yang signifikan di dunia seni.

8. Kanye West

Kanye West memilih untuk fokus berkarier di dunia musik pada usia 20 tahun dan tidak menyelesaikan kuliahnya. Namun, dia dianugerahi gelar doktor kehormatan di School of the Art Institute of Chicago pada tahun 2015.

Itulah deretan artis yang dapat gelar doktor kehormatan. Mereka mendapatkan pengakuan atas kontribusi yang signifikan di bidang seni dan masyarakat. Semoga pencapaian ini dapat memotivasi generasi mendatang untuk terus berkarya dan memberikan dampak positif.

Topik Menarik