Indonesia Africa Forum II Digelar di Bali, Fokus pada Sektor Pangan hingga Kesehatan

Indonesia Africa Forum II Digelar di Bali, Fokus pada Sektor Pangan hingga Kesehatan

Gaya Hidup | inews | Minggu, 1 September 2024 - 19:04
share

BALI, iNews.id - Indonesia resmi menggelar Indonesia-Africa Forum II (IAF) 2024 di Bali. Hari ini, 1 September 2024 menjadi hari pertama penyelenggaraan. 

IAF 2024 ini adalah ajang memperkuat kerjasama ekonomi dan bisnis Indonesia dengan negara-negara di Afrika. Topik yang dibahas dalam IAF 2024 berfokus pada sektor pangan hingga kesehatan. 

Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Abdul Kadir Jailani mengatakan, IAF tahun ini fokus pada sektor pangan hingga kesehatan yang menguntungkan Indonesia dan Afrika. Dia mengungkapkan, pembahasan tersebut diiringi dengan hasil kerjasama antara Indonesia dan Afrika yang berjalan baik dan perlu diteruskan.

"Khusus tahun ini, fokusnya adalah sektor pangan, kesehatan, energi, dan mineral. Kerjasama antara Indonesia dan Afrika ini sudah meningkat dari waktu ke waktu," kata Abdul Kadir Jailani di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (1/9/2024).

Abdul Kadir Jailani menjelaskan IAF 2024 ini juga akan menyambung pembahasan dari gelaran IAF sebelumnya yang digelar pada 2018. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkokoh banyak yang terwujud, seperti pemberian vaksin ke sejumlah negara di Afrika hingga ekspor alat pertanian.

"Sejauh ini telah terdapat wishlist kerjasama Indonesia-Afrika yang sudah berjalan, seperti ekspor vaksin ke 41 negara Afrika, pembangunan pabrik mi instan di Nigeria, hingga ekspor alat pertanian," ungkap Abdul Kadir.

"Kerjasama ini telah terjalin kokoh sejak 1955 dan fondasi tersebut penting digunakan untuk membangun kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan," tambahnya.

Selain sesi utama, forum ini akan menyelenggarakan 12 acara paralel dan 17 acara sampingan yang dijadwalkan berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua. 

Berbagai topik yang relevan dengan pembangunan berkelanjutan akan dibahas juga dalam forum ini, termasuk strategi untuk meningkatkan kerja sama lintas sektor dan lintas negara dalam menghadapi tantangan global.

High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) dan IAF 2024 ini diharapkan menjadi platform yang efektif dalam mempromosikan dialog kebijakan dan memperkuat komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan. 

Dengan berbagai pemangku kepentingan global yang hadir, Indonesia berharap dapat memainkan peran penting dalam mendorong perubahan transformasional yang lebih inklusif dan berkelanjutan secara global.

Topik Menarik