Mengenal 4 Jenis Rasa Lapar dalam Pola Makan Intuitif

Mengenal 4 Jenis Rasa Lapar dalam Pola Makan Intuitif

Gaya Hidup | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 20:00
share

POLA makan intuitif merupakan pendekatan yang mendorong diri seseorang untuk mengikuti isyarat tubuh dalam hal rasa lapar dan kenyang.

Filosofi ini menekankan pentingnya mendengarkan tubuh dan menghindari pola diet yang kaku. Sohee Carpenter, pelatih kebugaran professional, menjelaskan ada empat jenis rasa lapar yang umumnya kita alami.

Memahami dan menghargai masing-masing jenis rasa lapar ini adalah langkah penting menuju hubungan yang lebih sehat dengan makanan dan tubuh Anda. Simak paparannya, seperti dikutip dari Food NDTV, Minggu (1/9/2024)

1. Kelaparan fisik: Merupakan jenis rasa lapar yang paling umum, yang muncul ketika tubuh membutuhkan energi dari makanan. Ini adalah sinyal biologis yang bisa dirasakan sebagai suara keroncongan di perut atau mungkin ketika Anda merasa rewel dan kehabisan energi.

Carpenter, menekankan pentingnya menghormati rasa lapar fisik ini dan makan tanpa menekannya.

 

2. Kelaparan praktis: Jenis kelaparan ini terjadi ketika kita. tidak merasa lapar secara fisik saat ini, tetapi makan untuk mencegah rasa lapar fisik di masa mendatang. Misalnya, sebelum Anda beraktivitas di luar rumah selama beberapa jam, makan lebih dulu di rumah dapat menjadi pilihan yang bijak agar tidak perlu khawatir mencari makanan saat berada di luar.

3. Kelaparan emosional: Kelaparan emosional terjadi ketika seseorang makan sebagai respons terhadap emosi. Carpenter menjelaskan,  meski pun sebaiknya tidak bergantung pada makanan sebagai satu-satunya cara mengatasi emosi negatif, makan karena emosi bukanlah hal yang sepenuhnya buruk.

Dalam situasi tertentu, makanan bisa menjadi sumber kenyamanan dan rasa syukur yang penting jika dinikmati dengan sikap positif.

4. Rasa lapar: Ini adalah rasa lapar yang muncul karena keinginan semata, bukan karena kebutuhan fisik. Misalnya, ketika Anda menikmati es krim setelah makan malam atau mencari burger tertentu yang diidamkan. Memuaskan rasa lapar ini, adalah bagian dari menikmati makanan tanpa perasaan bersalah.

Topik Menarik