Ridwan Kamil Siap Sulap Kawasan Kumuh Jakarta Jadi Permukiman Layak Huni

Ridwan Kamil Siap Sulap Kawasan Kumuh Jakarta Jadi Permukiman Layak Huni

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 23:28
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK)-Suswono (RIDO) bertekad membereskan kekumuhan di wilayah Jakarta. Semua permukiman di Jakarta ditargetkan layak huni.

RIDO akan melakukan pendekatan high-density urban village yang lebih layak dan terintegrasi dengan fasilitas publik.

Hal ini juga termasuk peningkatan layanan infrastruktur dasar, yakni air bersih sanitasi, jalan dengan tetap melibatkan partisipasi masyarakat.

"Pesan dari Pak Jusuf Kalla, Pak Sutiyoso, dan utamanya Pak Prabowo adalah meminta saya untuk membereskan kekumuhan di Jakarta," kata RK seusai bertemu dengan 91 anggota legislatif DKI Jakarta di Kantor DPD Golkar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/9/2024).

Secara lebih detail, salah satu upayanya adalah dengan Jakarta Micro Upgrade, yaitu menempatkan seorang arsitek atau perencana tata kota di setiap kecamatan yang akan bekerja sama dengan warga setempat untuk merancang solusi inovatif dalam memperbaiki kualitas lingkungan di kampung-kampung dengan kepadatan tinggi.

Menurut Ridwan Kamil, selain penataan kawasan, RIDO juga akan menyediakan dana hibah untuk renovasi rumah. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono sedang menghitung besaran anggaran yang nantinya akan disiapkan untuk merenovasi rumah tidak layak huni yang ada di Jakarta. 

"Saat saya jadi Gubernur Jawa Barat, saya menyediakan Rp20 jutaan per rumah. Dari bilik menjadi tembok, dari kurang layak menjadi layak huni. Intinya dimanusiawikan, dilayak hunikan," katanya. 

Menurut estimasinya, dana yang disiapkan di Jakarta kemungkinan akan lebih besar dibandingkan dana yang disiapkan di Jawa Barat. "Jakarta mungkin lebih mahal anggarannya. Angkanya sedang dihitung, tapi programnya itu pasti ada," jelasnya.

Dia menyebut yang membedakan program renovasi rumah di Jakarta dengan Jawa Barat terletak pada arsitektur bangunannya. 

"Bedanya mungkin kalau di kampung saya dulu selantai, kalau di sini mungkin karena tanah mahal jadinya naik dua lantai," ujar RK.

Seperti diketahui, penataan kawasan kumuh melalui program Kampung Keren Jakarta masuk dalam program Permukiman Layak Huni yang diusung pasangan RIDO untuk memajukan Jakarta. 

Tujuan dari program Permukiman Layak Huni ini adalah dengan menyediakan hunian layak, terjangkau, dan berkelanjutan bagi masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR) dan masyarakat kelas menengah, serta mengurangi dan merevitalisasi kawasan kumuh di Jakarta. 

Program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, terjangkau dan ramah bagi semua warga.

Selain membangun kawasan kumuh, dalam menyediakan permukiman layak huni, pasangan RIDO juga berencana membangun hunian vertikal terintegrasi dengan pusat ekonomi dan transportasi publik dengan cara memanfaatkan lahan milik pemerintah dan BUMD seperti pasar, dan lain sebaginya. 

RIDO juga akan membangun rusunawa dan rusunami terjangkau, berkualitas baik, dan berlokasi strategis, didukung akses transportasi, subsidi sewa dan skema kepemilikan yang ringan dan bertahap.

Topik Menarik