Platform AI Kolaborasi Telkom dan Microsoft Dipamerkan di Fordigi Summit 2024

Platform AI Kolaborasi Telkom dan Microsoft Dipamerkan di Fordigi Summit 2024

Terkini | okezone | Senin, 30 September 2024 - 16:41
share

JAKARTA – Telkom Indonesia berkolaborasi dengan Microsoft untuk menghadirkan BigBox, platform kecerdasan buatan (AI) dan analytics pada ajang Fordigi Summit 2024, di Grand Ballroom Hotel Mulia, Jakarta, 25-26 September 2024. BigBox mengusung konsep “AI for the Nation” dan memperkuat peran Telkom dalam membangun ekosistem digital di Indonesia.

BigBox adalah solusi AI terintegrasi yang memiliki lima pilar utama yakni Data Center AI, Bare Metal AI as a Service, GPU as a Service, Cloud Perform AI, dan AI Service Solution. Ini dirancang untuk membantu perusahaan dan organisasi dalam mengelola dan menganalisis data berjumlah besar.

Platform ini memiliki berbagai fitur seperti Natural Language Processing (NLP), AI Prediction Analytics, hingga Computer Vision, sehingga mampu menganalisis data secara mendalam dan mengotomatisasi proses menjadi lebih efisien.

Dengan AI-powered automation BigBox membantu menyederhanakan proses bisnis kompleks dan meningkatkan efisiensi operasional.

“BigBox tidak hanya menawarkan teknologi mutakhir, tetapi juga memberi dampak besar bagi pengguna. Dengan kemampuan AI Prediction Analytics, perusahaan dapat memperkirakan peluang bisnis berdasarkan data historis,” kata  Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business & Technology Telkom.

Melalui kerja sama ini, Microsoft memberikan teknologi cloud dan AI yang mendukung infrastruktur Telkom, sehingga BigBox dapat menawarkan layanan AI-powered automation, generative AI, dan analisis data yang lebih akurat.

 

Microsoft dan Telkom berkomitmen untuk terus mengembangkan BigBox dengan fitur-fitur baru, seperti generative AI pada chatbot dalam layanan BigBox yang memungkinkan konversi teks menjadi visualisasi data atau percakapan otomatis, sehingga membantu bisnis menciptakan interaksi yang lebih personal dengan pelanggannya.

“Kolaborasi ini juga akan terus mendorong pengembangan talenta digital di Indonesia, menjadikan BigBox sebagai salah satu solusi terdepan mendukung transformasi digital bangsa. Dengan BigBox, Telkom bukan hanya menciptakan solusi teknologi mutakhir, tetapi juga membangun masa depan lebih cerdas dan berkelanjutan untuk Indonesia,” pungkas Komang.

Topik Menarik