Kampung Unik di Bone, Singgah ke Desa Kecilnya Ada Gua Menakutkan Konon Bekas Kerajaan!

Kampung Unik di Bone, Singgah ke Desa Kecilnya Ada Gua Menakutkan Konon Bekas Kerajaan!

Travel | inews | Senin, 30 September 2024 - 18:20
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Sulawesi Selatan sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa kecil yang ada di Kabupaten Bone, pasti akan membuat pengunjung merinding.

Ya, Indonesia tak hanya memiliki destinasi wisata dengan pesona alam nan indah dan eksotis, namun juga memiliki budaya dan latar belakang menarik. Beberapa di antaranya memiliki cerita mistis di baliknya.

Salah satunya yakni Goa Mampu yang berlokasi di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Berikut cerita mistis dan daya tarik Goa Mampu, dirangkum pada Senin (30/9/2024).

Goa Mampu memiliki beberapa daya tarik yang membuatnya terkenal sampai akhirnya menjadi destinasi favorit wisatawan setempat, bahkan juga wisatawan asing. Salah satu yang paling utama adalah karena kisah mistis yang melatarbelakangi terbentuknya Goa Mampu. Goa Mampu disebut-sebut sebagai bekas suatu kerajaan.

Dahulu kala, ada seorang putri raja yang mengingkari janjinya kepada seekor anjing. Anjing tersebut pun mengutuk sang putri dan penduduk kerajaan tersebut menjadi batu. Warga setempat juga mengaitkan bentuk-bentuk unik dan aneh dari stalaktit dan stalagmit dengan para ‘korban kutukan’.

Oleh karena itu, beberapa orang menangkap aura Goa Mampu adalah aura mistis. Cerita lengkap mengenai Goa Mampu dikenal dengan kisah Sijello To Mampu. Terlepas dari itu, daya tarik lainnya dari Goa Mampu adalah terbesar di Sulawesi Selatan. Saat berkunjung ke Goa Mampu, bersiaplah untuk menemukan deretan stalaktit dan stalagmit dengan bentuk-bentuk yang unik. 

Tidak jarang bentuknya memang cukup membuat bulu kuduk merinding, tapi ada pula yang mirip dengan objek-objek familiar seperti hewan. Goa Mampu juga terkenal di kalangan para pendaki, karena pengunjung harus mendaki terlebih dahulu untuk mencapai Goa Mampu.

Pendakian tersebut, walau singkat, pasti akan tetap berkesan dan menyenangkan karena melewati hutan dan bukit yang menawarkan pesona alam yang menawan.

Lokasi Goa Mampu

Goa Mampu terletak di Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai Goa Mampu, Anda bisa memulai perjalanan dari Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, menuju Kabupaten Bone dengan perjalanan darat sekitar 4-5 jam menggunakan mobil atau bus. Anda bisa mencari jadwal busnya secara online.

Dari pusat Kota Watampone (ibu kota Kabupaten Bone), lanjutkan perjalanan ke arah utara menuju Desa Cabbeng, yang berjarak sekitar 20 kilometer dan memakan waktu sekitar 30-40 menit.

Jangan khawatir, jalan menuju Goa Mampu sudah cukup baik dan dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tips Berwisata ke Goa Mampu

1. Berkunjung di waktu yang tepat

Sebaiknya kunjungi gua pada pagi hari untuk mendapatkan pencahayaan alami yang lebih baik di dalam gua dan menghindari keramaian. Anda akan merasa lebih segar ketika mendaki, karena cuaca belum terlalu panas di pagi hari. Hindari juga berkunjung saat musim hujan.

2. Pastikan berangkat dalam kondisi fisik yang baik

Sebaiknya, Anda berolahraga secara rutin sebelum melakukan pendakian ke Goa Mampu. Jika sedang tidak terlalu fit, jangan dulu pergi, ya!

3. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman

Anda akan melakukan pendakian, jadi Anda harus bersiap-siap dengan menggunakan outfit yang pas untuk mendukung gerakmu. Pakai pakaian yang menurutmu paling nyaman serta sepatu sporty yang tidak licin.

4. Menyewa jasa pemandu lokal

Kalau Anda tidak hafal medan atau pertama kali melakukan pendakian, kamu sebaiknya menyewa jasa pemandu lokal.

5. Membawa perlengkapan masuk gua

Walaupun nantinya Anda berniat menyewa pemandu lokal yang biasanya membawa obor, tidak ada salahnya untuk membawa sendiri alat penerangan seperti senter.

Topik Menarik