7 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Banyak Dicari, Keripik Sanjai dan Dendeng Selalu Bikin Nagih

7 Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Banyak Dicari, Keripik Sanjai dan Dendeng Selalu Bikin Nagih

Travel | inews | Minggu, 29 September 2024 - 10:53
share

JAKARTA, iNews.id - Oleh-oleh khas Padang yang paling banyak dicari memang sangat populer di kalangan masyarakat. Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota Provinsi Sumatera Barat. 

Padang tidak hanya memiliki destinasi wisata, budaya, dan kuliner, tapi juga ada oleh-oleh unik yang harus dibawa pulang usai berwisata.

Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Padang yang paling banyak dicari wisatawan? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (29/9/2024).

Oleh-Oleh Khas Padang yang Paling Banyak Dicari

Padang, Sumatera Barat, terkenal dengan ragam kuliner lezat yang juga menjadi oleh-oleh khas. 

1. Rendang Daging

Rendang adalah makanan ikonik dari Padang yang terbuat dari daging sapi yang dimasak perlahan dalam santan dan rempah-rempah hingga kering. Rasanya gurih, pedas, dan kaya bumbu, dengan tekstur daging yang empuk. Rendang tahan lama, sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh. Kisaran harga Rp100.000 -  Rp150.000 per bungkus (500 gram). Anda bisa membeli oleh-oleh ini di RM Padang Sederhana: Jalan Raya Padang Painan No.1, Padang, Sumatera Barat atau bisa di RM Lamun Ombak Jalan Khatib Sulaiman No.99, Padang, Sumatera Barat.

2. Dendeng Balado

Dendeng balado adalah daging sapi tipis yang digoreng hingga kering dan disajikan dengan sambal balado pedas. Rasa pedas dan gurih dari sambal balado berpadu sempurna dengan daging yang renyah. Kisaran harganRp80.000 - Rp120.000 per bungkus (250 gram). Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Dendeng Batokok Mande Rubiah Jalan Alang Laweh No.25, Padang, Sumatera Barat atau di Toko Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim, Jalan S. Parman No.232, Padang, Sumatera Barat.

3. Keripik Sanjai Balado

Keripik Sanjai adalah keripik singkong yang digoreng renyah dan dilapisi dengan sambal balado manis-pedas. Keripik ini memberikan sensasi rasa pedas yang kuat dengan sedikit rasa manis dari gula yang melekat di sambalnya. Kisaran harga Rp25.000 - Rp40.000 per bungkus (200 gram). Untuk membeli oleh-oleh ini Anda bisa ke Toko Christine Hakim di Jalan  Nipah No.38, Padang, Sumatera Barat atau Toko Pusako Minang di Jalan A. Yani No.9, Padang, Sumatera Barat.

4. Galamai

Galamai adalah kudapan manis yang mirip dengan dodol, dibuat dari campuran tepung beras ketan, santan, dan gula aren. Teksturnya kenyal dan lembut dengan rasa manis yang kaya dan sedikit gurih dari kelapa. Kisaran harga Rp20.000 - Rp35.000 per bungkus (200 gram). Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Toko Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim, Jalan S. Parman No.232, Padang, Sumatera Barat atau bisa juga di Toko Pusako Minang Jalan A. Yani No.9, Padang, Sumatera Barat.

5. Karak Kaliang

Karak kaliang adalah camilan khas Padang berbentuk cincin yang terbuat dari ubi kayu. Rasanya gurih dan renyah, dengan sedikit sentuhan asin. Karak kaliang sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan ringan. Kisaran harga Rp10.000 - Rp25.000 per bungkus. Untuk membeli oleh-oleh ini Anda bisa berkunjung ke Toko Christine Hakim Jalan Nipah No.38, Padang, Sumatera Barat atau Toko Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim Jalan S. Parman No.232, Padang, Sumatera Barat.

6. Sambalado Tanak

Sambalado tanak adalah sambal khas Minang yang terbuat dari cabai, santan, dan bahan-bahan lain seperti teri atau kacang. Rasanya pedas dengan sedikit rasa gurih dari santan dan kacang. Sambal ini sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh dalam bentuk kemasan. Kisaran harganya Rp30.000 - Rp50.000 per toples (250 gram). Anda bisa berkunjung ke Toko Pusako Minang di Jalan  A. Yani No.9, Padang, Sumatera Barat atau Toko Christine Hakim Jalan Nipah No.38, Padang, Sumatera Barat.

7. Bika Talago

Bika Talago adalah kue tradisional yang mirip dengan bika Ambon, tetapi dengan tekstur yang lebih padat dan rasa manis yang khas. Rasanya kenyal dan manis, serta memiliki aroma pandan yang harum. Kisaran harga Rp10.000 -Rp25.000 per buah. Untuk membeli oleh-oleh ini Anda bisa berkunjung ke Bika Talago di Jalan Raya Padang-Bukittinggi Km 24, Lubuak Aluang, Padang, Sumatera Barat.

Itulah oleh-oleh khas Padang yang paling banyak dicari. Tempat-tempat ini menyediakan oleh-oleh khas Padang dengan beragam rasa yang menggambarkan kekayaan kuliner Minangkabau. Selamat mencoba!

Topik Menarik