6 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tahan Lama, Ada Bir Pletok yang Menggugah Selera

6 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tahan Lama, Ada Bir Pletok yang Menggugah Selera

Travel | inews | Minggu, 29 September 2024 - 09:07
share

JAKARTA, iNews.id - Oleh-oleh khas Jakarta yang tahan lama bisa menjadi alternatif hadiah untuk diberikan kepada keluarga atau teman. Terutama bagi pelancong dari luar Jakarta, sesekali Anda harus berburu oleh-oleh khas ibu kota.

Ya, sudah menjadi hal umum jika Jakarta merupakan kota metropolitan yang memiliki berbagai keunikan. Mulai dari budaya, sejarah, kuliner, hingga destinasi wisatanya memiliki daya tarik tersendiri. 

Lantas, apa saja oleh-oleh khas Jakarta yang tahan lama bisa Anda bawa seusai liburan di kawasan Jakarta? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (29/9/2024).

Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Tahan Lama

1. Dodol Betawi 

Dodol Betawi bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang harus dibeli. Dodol Betawi merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ketan, gula merah, dan santan. Dodol ini tahan lama dan sering dijadikan oleh-oleh khas Jakarta. Tahan hingga 1-2 bulan jika disimpan di tempat kering dan sejuk.

2. Kembang Goyang

Kue tradisional berbentuk bunga yang renyah dan ringan, cocok sebagai camilan yang awet untuk dibawa pulang. Kembang goyang tahan sekitar 1-2 bulan jika disimpan dalam wadah kedap udara.

3. Keripik Buah Salak Condet 

Salak dari daerah Condet diolah menjadi keripik buah yang renyah dan tahan lama, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Keripik buah salak tahan hingga 2-3 bulan jika disimpan di tempat sejuk dan tertutup rapat.

4. Roti Buaya Mini

Oleh-oleh yang satu ini sangat populer di masyarakat Jakarta. Versi mini dari roti buaya ini biasanya ada dalam acara pernikahan Betawi. Roti ini tahan beberapa hari dan unik sebagai oleh-oleh. Roti buaya tahan sekitar 3-5 hari pada suhu ruang, atau hingga 1 minggu jika disimpan di dalam kulkas.

5. Bir Pletok

Minuman tradisional Betawi yang dibuat dari rempah-rempah, bisa dibeli dalam bentuk kemasan botol sehingga tahan lama. Dalam kemasan botol, bisa tahan hingga 6 bulan jika belum dibuka, dan 1 minggu setelah dibuka jika disimpan di dalam kulkas.

6. Kue Kering Betawi

Berbagai jenis kue kering seperti geplak Betawi, biji ketapang, dan akar kelapa juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tahan lama. Kue geplak, biji ketapang, akar kelapa tahan hingga 1-2 bulan jika disimpan di wadah kedap udara.

Itulah oleh-oleh khas Jakarta yang tahan lama. Semua makanan ini tidak hanya lezat tetapi juga mencerminkan kekayaan kuliner khas Jakarta. Selamat mencoba!

Topik Menarik