Petani Demo di Patung Kuda, Tegaskan Aksi Tak Bermuatan Politis

Petani Demo di Patung Kuda, Tegaskan Aksi Tak Bermuatan Politis

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 12:09
share

JAKARTA, iNews.id - Ratusan petani dan buruh berdemonstrasi memperingati Hari Tani Nasional ke-64 di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2024). Massa memastikan aksi hari ini tidak bermuatan unsur politis, apalagi sampai mengganggu pemerintahan berikutnya.

"Aksi ini benar-benar dilakukan petani, bukan ada unsur-unsur politik yang justru ingin mengganggu ketertiban dan pelaksanaan pemerintah yang akan datang," ujar Sekretaris Umum Serikat Petani Indonesia (SPI), Agus Ruli Ardiansyah di atas mobil komando, Selasa (24/9/2024).

Menurutnya, aksi digelar lantaran dalam waktu dekat bakal ada pergantian pemerintahan dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Maka, kata dia, para petani dan buruh hendak menyampaikan evaluasi pemerintahan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Selain itu, lanjutnya, para petani dan buruh ingin memberikan pesan kepada pemerintahan yang akan datang untuk memperhatikan nasib mereka. Aksi tersebut sejatinya tak hanya dilakukan di Jakarta saja, tapi juga daerah lain.

Dia menekankan tema demo hari ini yakni Reforma Agraria Dimanipulasi dan Melanggar Konstitusi. Tema itu diambil karena reforma agraria diyakini dimanipulasi atas nama pembangunan dan proyek strategis selama 10 tahun terakhir.

"Penting kita sampaikan poin evaluasi pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan pesan pemerintahan akan datang tuk menjamin kesejahteraan rakyat. Kita harus pastikan hak setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kehidupan dan pekerjaan yang layak," katanya.

Berdasarkan pantauan, para petani dan buruh tampak melakukan aksi demo sambil membawa traktor yang biasa dipakai untuk membajak sawah. Bahkan, para petani juga memanggul gabah hingga berbagai hasil pertanian lainnya.

Topik Menarik