Reaksi Sandiaga Uno usai Dikritik Reza Arap terkait Kunjungan IShowSpeed, Lapang Dada

Reaksi Sandiaga Uno usai Dikritik Reza Arap terkait Kunjungan IShowSpeed, Lapang Dada

Travel | inews | Senin, 23 September 2024 - 19:44
share

JAKARTA, iNews.id - Kunjungan YouTuber asal Amerika Serikat IShowSpeed mendapatkan perhatian publik. Dalam kunjungannya, IShowSpeed turut serta mengenalkan beberapa destinasi wisata di Indonesia.

Namun, di tengah kunjungan tersebut, YouTuber Reza Arap sempat menyindir Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Melalui akun X miliknya, Reza Arap baru-baru ini membalas cuitan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan apresiasinya atas kedatangan IShowSpeed ke Indonesia. 

Namun, alih-alih ikut mengapresiasi dan mendukung postingan Sandiaga Uno di X, Reza Arap justru mengungkapkan rasa kecewa karena menganggap Kemenparekraf tak memiliki andil apa pun atas kedatangan IShowSpeed ke Indonesia.

"Ke mana saja, pak? saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan financial saya yang saya punya yang tidak mungkin sebesar Kemenparekraf,” ujar Reza Arap, melalui akun X @yourbae, baru-baru ini. 

"Kenapa baru muncul pas semua udah terjadi dan selesai lalu merasa bangga akan hal tsb, pak? Saya ga butuh credit. tapi kalian ke mana saja?,” katanya. 

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga lantas berlapang dada menerima kritikan dari Reza Arap tersebut. Menurutnya, hal tersebut merupakan masukan yang positif. 

"Pertama-tama sosok Reza Arap ini kan seorang yang pelaku ekonomi kreatif, dia masuk ke games, dia juga pemusik, ya termasuk sosok yang berprestasi. Ya kita tentunya sangat mengapresiasi masukan yang diberikan,” ujar Sandiaga Uno, dalam ‘The Weekly Brief With Sandiaga Uno’, secara online, Senin (23/9/2024).

"Saya rasa valid masukannya. Kita jangan baperan. Segala masukan itu harus kita terima dengan lapang dada, dengan tangan terbuka. Karena ini mungkin bagian dari mencintai. Dan kita mengapresiasi juga. Saya melihatnya positif ya,” katanya.

Meski begitu, Sandiaga memastikan, sejauh ini, Kemenparekraf tak pernah dihubungi Reza Arap terkait hal yang dipermasalahkannya itu. Padahal, Kemenparekraf selama ini selalu membuka pintu lebar-lebar bagi para pelaku ekonomi kreatif, termasuk para YouTuber untuk melakukan segala bentuk event dan promosi. 

"Walaupun tadi pagi di rapim saya tanya apakah ada upaya dari Reza Arap untuk menghubungi kita, karena saya merasa nggak dihubungi. Apakah ada mau audiensi,” kata Sandiaga. 

“Karena tadi kita kan memfasilitasi show-show para musisi, kita memfasilitasi Youtuber-youtuber dari mana-mana, malah ada youtuber dari Afrika yang kita bawa ke sini, Palestina juga kemarin,” katanya. 

Sandiaga juga memastikan, iShowSpeed sendiri tak pernah menghubungi Kemenparekraf atas kunjungannya ke Indonesia. Menurut Sandiaga, Kemenparekraf tak bermaksud mengklaim atas keberhasilan kedatangan YouTuber asal Amerika Serikat itu. Hanya saja, justru kehadiran iShowSpeed memang patut diapresiasi karena bisa membantu mempromosikan Indonesia ke dunia. 

“Tapi untuk yang iShowSpeed ini kita nggak pernah dihubungi. Jadi seandainya kita tidak memberikan respons terus mengklaim, itu tentunya tidak bisa diterima, tetapi, per hari ini, per jam ini, saya belum menemukan siapa pun yang ngontak Kemenparekraf,” tutur Sandiaga. 

“Tapi terlepas dari itu, pasti saya sangat menghargai. Mengurus dengan koneksi, dan finansial sendiri. Karena dampaknya positif buat Indonesia. Dan terima kasih banyak untuk Mas Reza Arap,” tuturnya.

Topik Menarik