Cara Pilih Cobek yang Bagus ala Chef Bara Pattiradjawane, Dijamin Bikin Masakan Makin Lezat!

Cara Pilih Cobek yang Bagus ala Chef Bara Pattiradjawane, Dijamin Bikin Masakan Makin Lezat!

Travel | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 23:02
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar masak, tentu sudah tidak asing dengan benda yang satu ini. Cobek merupakan salah satu alat dapur yang membantu untuk menghaluskan bumbu atau cabai saat memasak.

Perlu diketahui, cobek merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang masih sering digunakan hingga saat ini. Kegunaan utama cobek adalah untuk menghaluskan bumbu dan rempah.

Banyak yang bilang, kunci setiap masakan yang nikmat adalah bila bumbunya diulek langsung menggunakan cobek. Apalagi jika cobek yang digunakan terbuat dari batu asli.

Saat ini jenis cobek bermacam-macam, ada yang dari batu dan juga kayu. Cobek dari batu harus diperhatikan, karena tidak semua cobek batu menggunakan batu asli.

Chef Bara Pattiradjawane menjelaskan, memilih cobek merupakan hal yang penting dan tidak bisa sembarangan.

“Kalau beli cobek harga murah (harus) curiga. Bisa pecah karena itu terbuat dari tanah, pakai semen dipadatkan,” ujar Chef Bara seperti dikutip dari TikTok @rayjansonradio, Sabtu (24/8/2024).

Lebih lanjut Chef Bara mengatakan, cobek yang bagus harus terbuat dari batu lahar gunung. Sebab, lahar itu mengandung banyak mineral ada potasium, magnesium, zinc, dan trace mineral lainnya.

“Cobek yang saya pakai cobek dari Gunung Semeru, harganya premium,” katanya.

Kandungan mineral yang ada pada cobek saat digunakan akan terjadi pergesekan antara cobek dan ulekannya. Dari situ menghasilkan panas dan memberi rasa nikmat pada masakan.

“Makanya sambel itu kalau misalnya diblender ya enak, tapi tidak sesedap diulek,” katanya.

Topik Menarik