Panas Saling Sindir, Pendukung 2 Paslon Nyaris Bentrok di Kantor KPU Grobogan

Panas Saling Sindir, Pendukung 2 Paslon Nyaris Bentrok di Kantor KPU Grobogan

Terkini | inews | Senin, 23 September 2024 - 18:25
share

GROBOGAN, iNews.id – Suasana tegang sempat mewarnai proses pengambilan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan, Jawa Tengah di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan, Senin (23/9/2024). Ratusan pendukung dari dua pasangan calon, Hadi-Sugeng dan Bambang Pujianto-Catur, nyaris bentrok fisik.

Insiden ini dipicu oleh saling sindir antara kedua kelompok pendukung. Awalnya, pendukung pasangan Hadi-Sugeng melontarkan ucapan yang dianggap menyakitkan oleh pendukung Bambang-Catur. Provokasi ini kemudian memancing emosi massa hingga nyaris terjadi aksi saling serang.

Beruntung, personel TNI dan Polri yang berjaga di lokasi dengan sigap melerai kedua kelompok pendukung. Petugas keamanan berhasil mendorong mundur massa dan mengimbau agar tetap tenang. Setelah diberikan penjelasan, kedua kelompok akhirnya bersedia menarik diri dan suasana kembali kondusif.

Bambang Pujiono, tim sukses pasangan Bambang-Catur, meminta agar semua pihak menjaga kondusivitas Pilkada Grobogan. "Saya berharap semua pendukung bisa menahan diri dan tidak terprovokasi dengan hal-hal yang tidak perlu," ujar Bambang.

Sementara itu, Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo telah memberikan imbauan kepada seluruh pasangan calon agar tidak mengerahkan massa dalam jumlah besar saat pengambilan nomor urut. 
"Kami sudah mengingatkan agar semua pihak menjaga ketertiban dan keamanan," kata Agung.

Dalam pengundian nomor urut, pasangan Hadi-Sugeng mendapatkan nomor urut satu, sedangkan pasangan Bambang-Catur mendapatkan nomor urut dua. Setelah proses pengundian selesai, ratusan pendukung yang masih berkumpul di depan kantor KPU kemudian membubarkan diri dan mengiring pasangan calon masing-masing.

Topik Menarik