Cagub-Cawagub Jakarta Ditetapkan KPU Hari Ini, 1.239 Personel Gabungan Disiagakan

Cagub-Cawagub Jakarta Ditetapkan KPU Hari Ini, 1.239 Personel Gabungan Disiagakan

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 11:30
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 1.239 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur atau cagub-cawagub Jakarta di KPU DKI Jakarta, Jalan Raya Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2024). Personel pengamanan berasal dari unsur TNI, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait.

"Dalam rangka pengamanan penetapan paslon gubernur dan cagub DKI Jakarta di KPUD Provinsi DKI Jakarta kami melibatkan sejumlah 1.239 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro, Minggu (22/9/2024).

Dia menyatakan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Kantor KPU DKI bersifat situasional. Kebijakan itu akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

"Bila nanti di sekitar KPUD Provinsi DKI Jakarta ada massa timses pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," ujar dia.

Susatyo mengimbau para pengguna jalan menghindari sekitar KPU DKI dan mencari jalur alternatif lain untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Dia menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak humanis dan melayani warga dengan santun.

“Hormati dan hargai pengguna jalan lainnya yang akan melintas, sehingga kegiatan penetapan Paslon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif sesuai dengan harapan kita semuanya,” jelas dia.

Diketahui, KPU DKI Jakarta akan mengumumkan penetapan cagub-cawagub Jakarta hari ini. Pengumuman dilakukan usai jajaran KPU DKI menggelar rapat pleno tertutup.

Adapun pendaftaran Pilgub Jakarta 2024 sebelumnya berlangsung pada 27-29 Agustus 2024. Pramono-Rano menjadi yang pertama mendaftar di hari kedua, disusul oleh Ridwan Kamil-Suswono.

Pada hari terakhir, giliran Dharma-Kun yang mendaftar ke KPU Jakarta. Ketiga paslon juga telah mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Topik Menarik