Pilot Philip Mark Mehrtens Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Alhamdulillah, Allah Maha Besar!

Pilot Philip Mark Mehrtens Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Alhamdulillah, Allah Maha Besar!

Terkini | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:46
share

JAKARTA, iNews.id - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya dibebaskan Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) setelah 1,5 tahun lebih disandera. Pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti bersyukur atas kebebasan Mark Mehrtens.

"Alhamdullilahhirrabbilalamiin. Mendapat Kabar Captain Pilot Phillip Mehrtens telah kembali, sudah berada di Timika. Allah Maha Besar dan Kasih," kata Susi di X, Sabtu (21/9/2024).

Tak lupa, Susi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Indonesia, baik Presiden RI Joko Widodo, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Puspen TNI, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan semua pihak yang telah membantu pembebasan pilot Susi Air tersebut.

Sebelumnya, pilot asal Selandia Baru tersebut dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, Sabtu (21/9/2024).

Selama ini, pilot tersebut disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua.

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Faizal Ramadhani sebelumnya mengatakan, Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

“Ya benar, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisasi jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” ujar Faizal.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh, akhirnya upaya pembebasan membuahkan hasil pada Sabtu (21/09/2024) hari ini.

Topik Menarik