Lirik Sholawat Dustur, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya

Lirik Sholawat Dustur, Lengkap dengan Keutamaan Mengamalkannya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 22:52
share

JAKARTA, iNews.id - Sholawat Dustur mungkin menjadi salah satu sholawat yang asing di telinga umat Muslim Indonesia. Nyatanya, sholawat ini cukup populer di kalangan masyarakat Betawi. 

Sholawat Dustur menjadi bagian dalam tradisi pernikahan masyarakat Betawi.

Dalam budaya mereka, sholawat ini menjadi pembuka tradisi palang pintu sebelum para jawara perwakilan keluarga mempelai pria dan wanita saling adu pantun ataupun ilmu bela diri. 

Sementara itu, melansir Saputra (2008), pada bukunya yang berjudul Upacara Daur Hidup Adat Betawi, Sholawat Dustur umumnya dibaca ketika masyarakat mengiringi pemberangkatan seseorang yang akan pergi ke tempat yang jauh. 

Berikut lirik Sholawat Dustur, Sabtu (7/9/2024). 

Lirik Sholawat Dustur

Arab: 

بِـسْمِ اللّــٰـهِ الرَّحْمٰــنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰـهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَزِدْ وَأَنْــعِمْ وَتَـفَضَّلْ وَبَـارِكْ بِـجَلَالِكَ وَكَمـَـالِكَ عَـلـٰى زَيِّـنْ عِبَادِكَ وَأَشْرَفِ عِبَادِكَ وَأَسْعَدِ الْعَرَبِ وَالْـعَـجَمِ وَإمَامِ الطَّـيِّــبَةِ وَالْحَرَمِ. وَالتُّــرْجُـمَانِ بِـلِسَانِ الْـقِدَمِ وَمَـنْـبَعِ الْـعِلْـمِ وَالْحِلْمِ وَالْحِكْـمـَةِ وَالْحِكَمِ. أَبِى اْلـقَاسِمِ سَيِّــدِنَـا وَحَـبِـيْـبِـنَا وَشَـفِـيْـعِـنَا وَمَوْلَانَـا مُحَمَّدٍ. زِدْهُ شَرَفًـا يَـارَبِّ ×3 وَكَــرَمًا وَتَـعْظِـيْمًا وَرِفْـعَـةً وَمَهَابَـةً وَبِـرًّا. وَرَضِيَ اللّـهُ تَـبَارَكَ وَتَـعَالـٰى عَـنْ ذَوِى الْـفَخْـرِ الْعَـلِـىِّ وَالْـقَـدْرِ الْجَـلِـىِّ. سَادَاتِــنَا وَأَئِـمَّــتِــنَا وَمَـوْالِـــيْــنَا أَبِى بَكْرٍ وَعُمَرٍ وَعُـثْـمَانٍ وَعَـلِـيٍّ وَعَـنْ بَـقِــيَّـةِ الصَّحَابَـةِ وَقَـرَابَـةِ رَسُوْلِ اللّــهِ صَلّى اللّـهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِــيْنَ . وَالْحَمْدُ لِلّــهِ رَبِّ الْعَالَـمِـيْنَ

Latin: 

Allohumma sholli wasllim wazid wa an 'im watafddhol wa baarik bijalalika wakamalika 'ala zayyini 'ibadika wa asyrofi 'ibadika wa as'adi wal 'ajami, wa imamit thoyyibati wal harom. Waturjumani bilisanil qidami wamamba'il ilmi wal hilmi wal hikmati wal hikami. Abil qosimi sayyidina wahabibina wasyafi'ina wamaulana muhammad.

Zidhu syarofan (ya robbi 3x) wa karoman wa ta'dziman warif'atan wa mahabbatan wa birron. Wa rodhiyallohu tabaaroka wa ta'ala 'an dzawil fakhri al 'aliyi wal qodril jaliyi, sadatina wa aimmatina wa mawaalina abi bakrin wa umarin wa utsmanin wa aliyin wa 'an baqiyatis shohabati wal qorobati rosulillahi shollallohu 'alaimim ajma'in. Wal hamdu lillahi robbil 'alamin.

Artinya: 

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang Ya Allah! limpahkanlah shalawat dan keselamatan, tambahkan, berikanlah keselamatan, berikanlah keutamaan dan limpahkanlah keberkahan, dengan segala kemuliaan dan kesempurnaan-Mu yang paling Agung, orang Arab dan orang ‘Ajam yang paling beruntung pemimpin segala kebaikan dan kemuliaan, penerjemah dengan lisan yang paling unggul, sumber ilmu pengetahuan, kesabaran, hikmah dan kearifan, yakni Abul Qasim, pemimpin kami, kekasih kami, pemberi syafaat kami, dan tuan kami Muhammad SAW.

Manfaat Mengamalkan Sholawat Dustur

Melansir berbagai sumber, terdapat beberapa manfaat mengamalkan Sholawat Dustur, berikut di antaranya: 

1. Keberkahan dan Kemuliaan 

Seorang Muslim yang mengamalkan Sholawat Dustur secara rutin akan memiliki hubungan yang dekat dengan Allah Subhanahu Wata'ala dan Rasulullah. Ini pun akan membawa keberkahan dan kemuliaan dalam hidupnya. 

2. Kenikmatan Batin

Kenikmatan batin dan spiritual akan didapatkan oleh seorang Muslim yang mengamalkan Sholawat Dustur. Hatinya akan dipenuhi dengan kedamaian batin jika mengingat Rasulullah dan turut berdoa atasnya. 

3. Kemudahan Urusan

Seorang Muslim yang rutin mengamalkan Sholawat Dustur akan mendapatkan kemudahan urusan dalam segala urusan, baik dunia maupun akhirat. Amalan ini pun juga akan menguatkan hubungannya dengan Allah Subhanahu Wata'ala. 

4. Ketenangan Hati

Sholawat Dustur memiliki kekuatan untuk menangkan hati dan pikiran seorang Muslim. Jika ia merenungi tentang besarnya kasih sayang Rasulullah kepada umatnya, pasti dirinya akan merasakan ketenangan hati. 

5. Peluang Syafaat

Mengamalkan Sholawat Dustur secara rutin akan membuat peluang mendapatkan syafaat dari Rasulullah di akhirat semakin besar.

Diharapkan syafaat yang didapat nanti akan membantu seorang Muslim melewati hari perhitungan amal dan mendapatkan tempat di surgaNya Allah Subhanahu Wata'ala. 

Demikian ulasan lirik Sholawat Dustur. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik