Nurul Ghufron Klaim KPK Masih Dipercaya Masyarakat, Buktinya Banyak Laporan Masuk

Nurul Ghufron Klaim KPK Masih Dipercaya Masyarakat, Buktinya Banyak Laporan Masuk

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 13:24
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron mengklaim KPK masih dipercaya masyarakat. Menurutnya hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya laporan masyarakat yang masuk ke KPK.

"Kami yakin KPK walaupun di titik teman-teman rasakan di titik nadir, titik terendah, kepercayaan ataupun kewibawaan dan reputasinya, tapi kami yakin KPK sesungguhnya masih dipercaya dan diharapkan," kata Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (3/7/2024). 

Ghufron menjelaskan, pada pertengahan 2024 ini jumlah laporan dari masyarakat hampir menyamai jumlah di tahun 2023. Per Juli ini, katanya, KPK telah menerima lebih dari 6.000 laporan dugaan tindak pidana korupsi. 

"Padahal tahun kemarin sampai Desember itu 6.600, sekarang di bulan Juli saja itu sudah sekitar 6 ribuan, artinya kepercayaan masyarakat masih tinggi," ucapnya. 

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk terus memberikan kritik dan penilaian atas kinerja KPK. 

"Ketika malah tidak ada (kritik dan penilaian), malah KPK rentan untuk kemudian mendapat penyakit-penyakit yang bisa penyalahgunaan itu," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, citra positif KPK paling rendah di antara sejumlah lembaga negara lain. Hal itu terekam dalam survei Litbang Kompas pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

Dalam jajak pendapat tersebut, lembaga antirasuah hanya mengantongi citra positif sebanyak 56,1 persen. Sementara citra buruk mencapai 33,4 persen dan 10,5 persen responden menjawab tidak tahu.

Di sisi lain, TNI meraih citra positif paling tinggi sebesar 89,9 persen. Sedangkan citra buruk 2,9 persen, dan 7,3 persen responden tidak tahu.

Kemudian disusul Polri dengan citra positif 73,1 persen, citra negatif 22,5 persen, dan 4,4 persen responden tidak tahu.

Topik Menarik