Pusat Data Nasional Sempat Kena Ransomware, Kemenhub Jamin Tak Ganggu Layanan Penerbangan

Pusat Data Nasional Sempat Kena Ransomware, Kemenhub Jamin Tak Ganggu Layanan Penerbangan

Ekonomi | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 14:01
share

JAKARTA, iNews.id - Pusat Data Nasional (PDN) sempat terkena ransomware beberapa waktu lalu. Namun, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Capt Sigit Hani Hadiyanto memastikan gangguan tersebut tak berdampak pada layanan penerbangan.

Sebab, kata dia, pusat data sebenarnya ada di Pusdatin. Maka dari itu hal tersebut tak mengganggu layanan penerbangan.

"Karena kalau kami sentralnya kan di pusdatin ya pusat data informasi dan sejauh ini memang tidak teridentifikasi ada yang kemudian mengganggu pelayanan di Kementerian Penghubungan," kata Sigit saat ditemui di Jakarta, Senin (2/7/2024).

Meski begitu, Sigit mengatakan saat ini pihaknya bersama Pusdatin terus melakukan analisis dan mengantisipasi hal-hal yang bisa mengganggu layanan di Kementerian Perhubungan.

"Pusdatin tetap melakukan langkah-langkah antisipasi dengan melakukan kegiatan yang namanya forensic analysis ke beberapa source untuk memastikan bahwa memang tidak ada kebocoran yang terkait dengan PDN," tutur dia.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa gangguan yang terjadi di PDN tidak juga berdampak pada layanan navigasi pesawat terbang. Hal itu memastikan layanan penerbangan masih bisa berjalan aman dan normal seperti biasa.

"Iya tidak (gangguan layanan navigasi). Walaupun kembali kami tetap menyampaikan bahwa menyadari hal itu, Kementerian Perhubungan mengambil langkah-langkah antisipasi," ucap Sigit.

Topik Menarik