Akses Jalan Mamberamo-Elelim yang Dicita-citakan Soeharto Bakal Dibangun, Telan Dana hingga Rp3,3 Triliun

Akses Jalan Mamberamo-Elelim yang Dicita-citakan Soeharto Bakal Dibangun, Telan Dana hingga Rp3,3 Triliun

Ekonomi | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun Jalan Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Segmen Mamberamo-Elelim di Provinsi Papua Pegunungan. Hal itu disepakati dalam Penandatanganan Perjanjian Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan ini telah lama dicita-citakan sejak era pemerintahan Presiden Soeharto awal 1980-an. Hal itu demi untuk menghubungkan Jayapura-Wamena, terutama untuk logistik sehingga dapat mengurangi tingkat kemahalan barang dan jasa.

"Saya yakin dengan KPBU, InsyaAllah, jalan ini akan segera terwujud sehingga tingkat kemahalan barang dan jasa di Wamena dapat diturunkan dan kesejahteraan di Papua dan Papua Pegunungan dapat segera terwujud," ucapnya dalam keterangan resminya, Rabu (3/7/2024).

Segmen Mamberamo-Elelim sepanjang 50,14 km yang akan dibangun lewat skema KPBU ini merupakan bagian dari ruas Jayapura-Wamena. Pembangunannya juga meliputi pembangunan jembatan, 1 unit pelaksana penimbangan bermotor, penanganan lereng dan tebing, serta O&M selama masa layanan.

Bentuk kerja sama proyek KPBU ini adalah Design-Build- Finance-Operate-Maintenance-Transfer dengan masa kerjasama selama 15 tahun (2 tahun masa konstruksi dan 13 tahun masa layanan) dengan pengembalian investasi melalui skema Availability Payment (AP). Dengan nilai investasi sebesar Rp3,3 triliun, proyek ini memperoleh penjaminan pemerintah dari PT PII.

Topik Menarik