KSAU Marsekal Tonny Sambangi Baykar Technology, Produsen Drone Canggih asal Turki

KSAU Marsekal Tonny Sambangi Baykar Technology, Produsen Drone Canggih asal Turki

Terkini | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 13:52
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Tonny Harjono beserta delegasi TNI AU menyambangi markas Baykar Technology di Istanbul, Sabtu (29/6/2024). Baykar Technology merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memiliki spesialisasi dalam teknologi pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

Dalam kesempatan ini, KSAU mendengarkan presentasi dari Baykar Technology terkait teknologi UAV.

Selama kunjungan, Marsekal Tonny mengunjungi fasilitas Baykar di Corlu. KSAU juga melihat demonstrasi penerbangan dari Bayraktar Akinci.

Bayraktar Akinci merupakan drone canggih Turki yang berhasil menemukan helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Bayraktar Akinci memiliki desain badan pesawat dan sayap yang unik. Pesawat tak berawak itu termasuk platform kelas strategis yang dapat membawa berbagai muatan.

Drone ini dilengkapi dengan avionik kecerdasan buatan ganda yang mendukung pemrosesan sinyal, fusi sensor, dan kesadaran situasional secara real time. Drone canggih ini juga mampu melakukan operasi yang dilakukan bersama jet tempur. 

Baykar Technologies memang dikenal sebagai pengembang UAV terkemuka dengan teknologi canggih. Baykar dianggap berperan penting dalam mendukung kemampuan pertahanan Turki.

Lewat kunjungan ini, TNI AU bakal terus mengembangkan diri menjalani angkatan udara yang modern.

Topik Menarik