Penyebab Juara Olimpiade Sydney 2000 Tony Gunawan Pilih Tinggalkan Paspor Indonesia demi Amerika Serikat

Penyebab Juara Olimpiade Sydney 2000 Tony Gunawan Pilih Tinggalkan Paspor Indonesia demi Amerika Serikat

Terkini | okezone | Selasa, 2 Juli 2024 - 07:45
share

PENYEBAB juara Olimpiade Sydney 2000, Tony Gunawan, pilih tinggalkan paspor Indonesia demi Amerika Serikat menarik diulas. Sebab, keputusannya pindah menjadi warga negara Amerika Serikat jadi sorotan besar.

Ya, keputusan besar diambil Tony Gunawan dalam kehidupannya pada 2011. Dia memutuskan meninggalkan status warga negara Indonesia (WNI) untuk pindah menjadi warga negara Amerika Serikat.

Keputusan ini tentu saja menyedot perhatian besar. Sebab, Tony Gunawan sendiri merupakan salah satu pebulu tangkis kebanggaan Indonesia.

Tony Gunawan bahkan berhasil membawa Indonesia meraih medali emas Olimpiade. Pencapaian manis itu tepatnya diraih Tony Gunawan saat berduet dengan Candra Wijaya pada Olimpiade Sydney 2000.

Usai meraih medali emas Olimpiade dan juga gelar juara dunia bulu tangkis, Tony Gunawan mencoba pengalaman lain. Dia memilih untuk lanjut bersekolah di Amerika Serikat.

Pada 2002, Tony juga melatih bulu tangkis sembari bersekolah di Negeri Paman Sam -julukan Amerika Serikat. Dia melatih di sebuah klub bernama Orange County Badminton Club.

Setelah menjadi pelatih dalam kurun waktu 2002-2004, Tony Gunawan ditawari untuk tampil di Kejuaraan Dunia 2005 bersama Howard Bach. Meski belum menjadi warga negara Amerika, Tony memiliki green card. Oleh sebab itu, dia dapat bermain untuk membela Amerika Serikat.

Topik Menarik