100 Orang Israel Terinfeksi Virus West Nile, Berikut Gejalanya

100 Orang Israel Terinfeksi Virus West Nile, Berikut Gejalanya

Berita Utama | madina.inews.id | Selasa, 2 Juli 2024 - 14:55
share

JAKARTA, iNewsMadina.id - Setidaknya 100 orang Israel terjangkit penyakit infeksi dari virus West Nile. Sebagian dari mereka kondisinya kritis hingga memerlukan ventilator untuk bernapas.

Infeksi virus West Nile ini pada umumnya tidak berbahaya, tapi pada kasus tertentu, orang yang terjangkit bisa mengalami keparahan hingga menyebabkan kematian.

Berdasarkan laporan Jerusalem Post, kebanyakan kasus dari infeksi virus West Nile ini tidak bergejala. Tapi, ada gejala yang tetap perlu diwaspadai dan ini dikaitkan dengan infeksi West Nile.

Berikut ini gejala dari infeksi virus West Nile antara lain:

1. Demam

2. Sakit kepala

3. Lemas

 



4. Nyeri sendi dan otot

5. Konjungtivitis atau mata merah

6. ruam

7. Terkadang mual dan diare

"Umumnya penyakit ini dianggap sebagai penyakit ringan, karena infeksi biasanya hilang tanpa gejala," terang laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (2/7/2024).

Penyakit ini dilaporkan parah pada 1 persen kasus dan mencakup tanda-tanda neurologis seperti meningitis, ensefalitis akut, atau kelumpuhan 'flaccid' akut.

Masa inkubasi virus di dalam tubuh manusia biasanya tujuh sampai 14 hari, dan pada kasus luar biasa, inkubasi bisa terjadi dalam kurun waktu yang lebih cepat yaitu 3 sampai 21 hari.

 

Orang yang berisiko tinggi terpapar virus West Nile adalah pasien dengan penyakit kronis yang menekan sistem kekebalan tubuh, pasien kanker dengan sistem kekebalan tubuh buruk, bayi, dan orang lanjut usia.

Topik Menarik