Kebakaran Tewaskan Wartawan di Karo, KKJ Duga terkait Berita Aparat Terlibat Judi

Kebakaran Tewaskan Wartawan di Karo, KKJ Duga terkait Berita Aparat Terlibat Judi

Terkini | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 14:11
share

JAKARTA, iNews.id - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Dewan Pers telah melakukan verifikasi dan mendalami kasus kebakaran rumah wartawan yang menewaskan Rico Sempurna Pasaribu bersama keluarganya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Kamis (27/6/2024) lalu.

Koordinator KKJ Dewan Pers, Erick Tanjung menyebut, dari hasil investigasi lembaga profesi jurnalis di lapangan, kebakaran terjadi setelah korban memberitakan kasus perjudian. Diduga, ada oknum aparat mengelola lapak judi.

“Temuan tim di lapangan, korban ditemani oleh temannya sempat bertemu dengan oknum aparat yang diduga pengelola lapak judi, yang itu sebelumnya dia tulis dalam berita,” kata Erick di kantor Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024).

Erick mengungkapkan, berita yang dibuat Rico Sempurna telah terbit pada Senin (22/6/2024) terkait maraknya perjudian di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Dia meliput di sana dengan terang, ada oknum aparat yang menjadi pengelola lapak judi tersebut. Terkait pemberitaan itu, kami menduga salah satu penyebab dari dia mengalami kebakaran itu, dan menjadi salah satu korban meninggal,” ujar dia.

Tim telah menemui rekan-rekan korban hingga pihak dari Kepala Biro Tribrata TV di Kabupaten Karo. Selain itu, KKJ menemui sejumlah saksi kunci termasuk anak korban yang masih hidup.

“Kelurganya yang lain kita temui dan hampir semuanya menyebutkan, memberikan keterangan yang serupa bahwa sebelum kejadian itu korban menceritakan agak waswas dan ketakutan karena dicari-cari terkait berita yang dia terbitkan, dan berita itu juga diposting di akun FB (Facebook) pribadi Sampurna,” kata Erick.

Erick menegaskan, saat ini tim masih mengumpulkan fakta-fakta terkait peristiwa tersebut.

Topik Menarik