11 Tempat Wisata Dingin di Jawa Tengah, Dikelilingi Gunung Cocok untuk Liburan Sekolah

11 Tempat Wisata Dingin di Jawa Tengah, Dikelilingi Gunung Cocok untuk Liburan Sekolah

Berita Utama | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 12:30
share

JAKARTA, iNews.id - Tempat wisata dingin di Jawa Tengah ini cocok untuk menikmati musim libur sekolah. Selain berhawa sejuk, tempat wisata ini juga instagramable.

Beberapa daerah di Jawa Tengah yang memiliki suhu udara sejuk dan dingin karena berada di dataran tinggi dan berada di kaki gunung. Sehingga Jawa Tengah cocok bagi yang ingin pergi berlibur dengan teman, pasangan maupun keluarga. 

Kawasan wisata dingin yang sudah dikenal masyarakat di antaranya Dieng di Banjarnegara, pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal, Baturraden Kabupaten Banyumas, dan Bandungan Kabupaten Semarang.

Penasaran apa saja yang ada di beberapa tempat wisata dingin di jawa tengah itu? Berikut liputannya dirangkum iNews.id, Minggu (30/6/2024).

11 Tempat Wisata Dingin di Jawa Tengah 

1. Bandungan Ungaran

Merupakan daerah yang terletak di kawasan kaki Gunung Ungaran menjadi destinasi populer untuk warga Semarang. Lokasinya 32 kilometer dari pusat Kota Semarang. 

Ada beberapa tempat yang dikunjungi di kawasan ini, seperti Alun-alun Bandungan, Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Taman Bunga Celosia, Pondok Kopi, Sunrise Hill Gedong Songo dan masih banyak lainnya.

2. Kopeng Salatiga

Terletak di kaki Gunung Merbabu, menawarkan suasana sejuk pas untuk liburan bersama keluarga. Sekitar Kopeng ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi, seperti Taman Wisata Kopeng, Agrowisata Salib Putih, Gunung Merbabu, Air Terjun Umbul Songo, hingga Rawa Pening.

3. Dieng Banjarnegara

Merupakan dataran tinggi dikelilingi oleh Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan gunung-gunung kecil di sekitarnya. Saat berkunjung ke sini, ada beberapa destinasi yang bisa dijelajahi, seperti Bukit Sikunir, Telaga Warna, Kawah Sikidang hingga Candi Arjuna dengan suasana yang sejuk, dingin dan menenangkan.

4. Tawangmangu Karanganyar

Merupakan daerah dengan suasana sejuk, dingin dan menenangkan yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Kawasan ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dengan waktu tempuh satu jam dari Kota Surakarta, Solo.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang menghampar luas berwarna kehijauan. Selain itu, ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi untuk berlibur di Tawangmangu, seperti Candi Cetho, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Bukit Sekipan Tawangmangu, Puncak Lawu, Sentra Tanaman Hias Desa Nglurah, Bumi Perkemahan Sekipan hingga Taman Balekambang.

5. Guci Tegal

Tempat wisata dingin di Jawa Tengah berikutnya yakni objek wisata pemandian air panas Guci, Kabupaten Tegal. Objek wisata yang terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa ini berada di lereng Gunung Slamet. Selain bisa menikmati dinginnya udara dan sejuknya suasana, wisatawan juga bisa mandi air panas langsung dari perut Gunung Slamet.

6. Baturraden Banyumas

Salah satu tempat wisata dingin Jawa Tengah selanjutnya yakni Baturraden di Kabupaten Banyumas. Wisatawan dapat melihat kota Purwokerto dan pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tak jauh dari situ, tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk tepatnya di lereng gunung Slamet di arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok bagi pengunjung yang suka berkemah.

Jarak tempat wisata ini dari Baturaden dua kilometer. Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejukdan dingin.

7. Ketep Pas Magelang

Tempat wisata dingin di Jawa Tengah berikutnya ada Ketep Pas, Kabupaten Magelang. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam menakjubkan karena menjadikan Gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Pengunjung bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Pada Pelataran Panca Arga, pengunjung bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alam yang memukau, menjadikan Ketep Pass disebut sebagai tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk dan sangat diminati. Tempat wisata ini terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

8. Brown Canyon Semarang

Berlokasi di daerah Rowosari, Semarang. Brown Canyon ini dulunya merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih.

Bentuknya, seperti perbukitan yang sedikit gersang tetapi sejuk di waktu tertentu. Tempat wisata Jawa Tengah ini tidak disarankan bagi anak-anak, namun cocok untuk teman-teman yang berjiwa petualang dan pemburu foto alam yang menakjubkan.

9. Puntuk Setumbu Borobudur

Puntuk Setumbu ini merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk dan dingin ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. 

Pengunjung disarankan untuk tiba di daerah Borobudur pukul 05.00 WIB. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

10. Mojosemi Forest Park Karanganyar

Tempat wisata dingin di Jawa Tengah selanjutnya yakni Mojosemi Forest Park Karanganyar. Lokasinya dekat dengan kota Solo. Kawasan wisata alam yang penuh dengan hutan pinus ini terletak di Jalan Raya Tembus Magetan Jatim - Karanganyar Jateng, masuk Desa Mojosemi, kecamatan Plaosan.

Lokasinya berada di ketinggian 1.389 MDPL di Gunung Lawu. Pengunjung bisa bermain dan berfoto di area satwa dinosaurus raksasa di antara pohon hutan Pinus yang rindang.

Dinosaurus tempat wisata Jawa Tengah yang sejuk ini bisa bergerak saat didekati oleh pengunjung. Selain itu, pengunjung bisa bermain game untuk berburu dinosaurus sekaligus burung-burung raksasa di sana.

11. Agrowisata Kaligua Brebes

Tempat wisata dingin di Jawa Tengah terakhir ada Agrowisata Kaligua, Kabupaten Brebes. Lokasi wisata ini merupakan salah satu kebun teh peninggalan Belanda di Jawa Tengah sejak 1889. Memiliki panorama alam yang begitu indah dengan latar belakang Gunung Slamet ditambah udaranya sejuk dan dingin karena berada di ketinggian 1.200-2.050 mdpl. 

Agrowisata Kaligua berada kaki Gunung Slamet di lereng bagian Barat Daya. Secara administratif masuk wilayah Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Itu ulasan mengenai tempat wisata suasana sejuk dan berudara dingin yang ada di Jawa Tengah yang dapat kalian kunjungi ketika akhir pekan maupun masa libur panjang. 

Topik Menarik