10 Cara Mencegah Nyamuk di Rumah saat Mulai Memasuki Musim Hujan

10 Cara Mencegah Nyamuk di Rumah saat Mulai Memasuki Musim Hujan

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 19:20
share

JAKARTA - Cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan penting sekali untuk diketahui banyak orang agar tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Nyamuk senang dengan musim hujan dikarenakan saat hujan kelembaban udara meningkat, hal ini menciptakan lingkungan nyaman untuk nyamuk bertahan hidup. Beberapa wilayah di Indonesia kini telah mulai memasuki hujan.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Mengusir Nyamuk dan Tikus di Rumah

Jadi, pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan nyamuk betah di rumah Anda, karena selain sangat mengganggu, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan.

Cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan

1. Buang Sampah secara Rutin Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan yang pertama adalah buang sampah secara rutin. Hal ini penting dilakukan karena jika terdapat sampah yang menumpuk di rumah akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Karena nyamuk senang dengan sampah yang kotor dan bau. Oleh sebab itu pentingnya buang sampah secara rutin agar tidak ada sampah yang menumpuk di rumah.

2. Pastikan Tidak Ada Genangan Air Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selain buang sampah yang rutin adalah pastikan tidak ada genangan air di lingkungan rumah seperti di dalam wadah air yang sudah penuh untuk menampung bocor di rumah seperti di kamar atau dapur. Jika air sudah penuh maka segeralah buang. Hal ini dilakukan agar tidak ada tempat untuk nyamuk berkembang biak. Oleh sebab itu penting untuk memastikan tidak ada genangan air di dalam rumah.

3. Menjaga Kebersihan Rumah Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah menjaga kebersihan rumah. Pastikan semua sudut rumah bersih dan tidak ada debu yang menumpuk. Jika ada debu atau kotoran maka segeralah untuk membersihkannya agar tidak menjadi sarang nyamuk. Nyamuk senang sekali di lokasi-lokasi yang kotor atau berdebu. Jika ada bagian di rumah yang kotor maka segeralah cek apakah sudah ada nyamuk yang bersembunyi. Oleh sebab itu selalu perhatikan kebersihan rumah jangan sampai debu menumpuk di rumah Anda.

4. Tutup Pintu dan Jendela Jelang Sore Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah menutup setiap pintu dan jendela di rumah tidak terlalu sore. Di pagi hari pastinya kita membuka pintu dan jendela agar ada pertukaran udara yang masuk ke dalam rumah.

Namun, jika sudah sore nyamuk mulai banyak yang berdatangan dan masuk ke rumah dikarenakan nyamuk aktif saat sore dan malam hari. Nyamuk ingin mencari sumber makanannya yaitu darah dari manusia. Dan akibatnya jika terlalu sore menutup pintu dan jendela maka nyamuk dengan mudahnya dapat masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu pastikan jangan terlalu sore untuk menutup setiap pintu dan jendela di rumah agar tidak ada nyamuk yang masuk.

5. Meletakkan Kulit Jeruk di Rumah Selain tidak menutup pintu dan jendela terlalu sore, cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan dapat dengan meletakkan kulit jeruk di rumah. Ternyata masih ada beberapa orang yang belum tahu cara ini. Kulit jeruk dapat dijadikan bahan untuk mengusir nyamuk karena jeruk mengandung zat limonene yang beracun bagi nyamuk.

Tidak hanya bagi nyamuk, ternyata kulit jeruk juga ampuh mengusir lalat dan serangga lainnya. Oleh sebab itu cobalah untuk meletakkan kulit jeruk di rumah. Caranya dengan cara cari wadah apapun lalu letakkan kulit jeruk di wadah tersebut dan letakkan wadah tersebut yang berisi jeruk di sudut rumah yang sering jadi sarang nyamuk.

6. Obat Nyamuk Elektrik Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah memasang obat nyamuk elektrik di rumah. Obat nyamuk elektrik dapat dikatakan ampuh untuk mengusir nyamuk karena ada uap yang dihasilkan.

Namun, ada efek yang berbahaya dari obat nyamuk elektrik yang mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila terhirup terus-menerus. Oleh sebab itu disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan obat nyamuk elektrik yang dipasang dan pasang obat nyamuk hanya di bagian rumah yang sekiranya disukai nyamuk.

7. Tanam Tanaman Pengusir Nyamuk Selain dengan cara memasang obat nyamuk elektrik, ternyata ada cara agar kita lebih sehat tidak menghirup obat nyamuk yaitu dengan tanam tanaman pengusir nyamuk. Ada beberapa tanaman yang dapat Anda coba tanam di rumah yaitu lavender, rosemary dan serai.

Dengan tanaman-tanaman tersebut maka akan ampuh mengusir nyamuk karena nyamuk tidak suka aroma yang kuat dari tanaman tersebut. Oleh sebab itu cara ini disarankan untuk Anda terlebih jika Anda hobi bertanam maka cara satu ini sangat cocok untuk dicoba.

8. Pastikan Rumput di Halaman Tidak Tinggi Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah pastikan rumput di halaman rumah Anda tidak tinggi. Rumput yang tinggi di halaman rumah dapat mengundang perhatian dari nyamuk karena rerumputan yang tinggi cocok menjadi tempat perlindungan mereka atau persembunyian mereka.

Oleh karena itu pastikan rumput di halaman Anda tidak tinggi dan rajinlah untuk memotong rumput sebelum terlalu tinggi agar halaman rumah Anda tidak menjadi tempat persembunyian nyamuk.

9. Pasang Kipas Angin di Rumah Dengan memasang kipas angin di rumah ternyata juga dapat mengusir nyamuk walaupun tidak begitu efektif. Karena jika memasang kipas angin, nyamuk akan pergi dari sekitar kipas angin saja. Kemudian mereka mencari bagian rumah yang suhunya lebih hangat. Memasang kipas angin membuat nyamuk tidak betah berada di dekat angin karena nyamuk tidak suka dengan suhu yang sejuk. Oleh sebab itu cara ini juga dapat dicoba untuk mengusir nyamuk di dalam rumah.

Baca Juga: Mengenal West Nile, Virus Mematikan dari Gigitan Nyamuk yang Mirip Demam Berdarah

10. Hindari Meletakkan Baju Kotor hingga Menumpuk Dan cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah menghindari meletakkan baju kotor sampai menumpuk. Baju kotor tentunya sangat disukai nyamuk karena nyamuk mencium aroma sisa keringat dari seseorang yang menggunakan baju tersebut sebelumnya. Oleh sebab itu sebaiknya tidak menumpuk pakaian kotor dan lebih baik jika mencuci baju setiap hari agar tidak ada pakaian yang menumpuk di rumah.

Itulah beberapa penjelasan cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan. Pastikan tidak ada nyamuk yang mengganggu atau menggigit Anda di rumah. Selamat mencoba!

MG/ Febiola Putri Tazurany Zainy

Topik Menarik