Contoh Bacaan Lam Jalalah, Lengkap dengan Pengertiannya

Contoh Bacaan Lam Jalalah, Lengkap dengan Pengertiannya

Gaya Hidup | inews | Selasa, 24 September 2024 - 01:01
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh bacaan Lam Jalalah jadi informasi penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Terlebih, bagi kamu yang sedang mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. 

Pada dasarnya, Lam Jalalah merupakan huruf bacaan lam yang terdapat pada kata ‘Allah Subhanahu Wata'ala’. Seperti hukum tajwid lainnya, untuk membaca lam jalalah ada aturannya. Hal ini dapat menghindari kesalahan dalam pelafalan hingga berakibat pada kesalahan makna.

Hukum bacaan Lam Jalalah terdapat dua jenis. Pertama, dibaca secara tebal atau tafkhim. Lalu yang kedua adalah dibaca dengan tipis atau tarqiq. 
Hukum Bacaan Lam Jalalah Tafkhim

Seperti penjelasan sebelumnya, secara bahasa tafkhim adalah tebal. Adapun, Lam Jalalah dibaca tafkhim jika letaknya berada setelah huruf yang berharakat fathah atau setelah huruf dengan berharakat dhammah.

Cara membaca hukum bacaan Lam Jalalah Tafkhim adalah dengan mengangkat semua lidah dan menekankannya ke langit-langit atau sambil menekan suara yang cukup kuat. Suara yang dihasilkan pun menyerupai huruf "O”.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Hukum bacaan Lam Jalalah Tafkhim pada surat Al Ikhlas ayat 1 terdapat setelah harakat fathah. Cara bacanya adalah “Qul huwallāhu aḥad”. 
Hukum Bacaan Lam Jalalah Tarqiq

Secara bahasa, tarqiq artinya tipis. Di sisi lain, secara istilah yakni ungkapan tentang sesuatu yang masuk pada suara huruf dan suaranya tidak dapat memenuhi mulut.

Sedangkan, cara membaca tarqiq harus secara tipis dengan huruf Lam Jalalah didahului dengan tanda baca kasrah.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Lam Jalalah Tarqiq bisa ditemui pada bacaan Basmallah. Terdapat lam jalalah setelah harakat kasrah dan dibaca tipis atau tarqiq. Cara bacanya menjadi “Bismillahirakhmaanir rakhiim”.

Contoh Bacaan Lam Jalalah

Berikut contoh bacaan Lam Jalalah yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (23/9/2024). 

1. QS. Al Hadid ayat 16

أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ

Bacaan di atas tergolong dalam bacaan Lam Jalalah Tarqiq. Karena sebelum lafadz Allah, terdapat huruf hijaiyah yang berharakat kasrah.

2. QS. Al-Mujadilah ayat 4

وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ

Bacaan di atas tergolong bacaan Lam Jalalah Tafkhim karena sebelum lafadz Allah. Sebab, terdapat huruf hijaiyah yang berharakat dhammah.

3. QS. Al-Ghasiyah ayat 24

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ

Bacaan tersebut tergolong bacaan Lam Jalalah Tafkhim karena sebelum lafadz Allah. Karena terdapat huruf hijaiyah yang berharakat dhammah.

4. QS. An-Nisaa ayat 1

اِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Bacaan di atas tergolong bacaan Lam Jalalah Tafkhim karena sebelum lafadz Allah. Sebab, adanya huruf hijaiyah yang berharakat fathah.

5. QS. Al-Baqarah ayat 7

خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوْبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ

Bacaan tersebut tergolong bacaan Lam Jalalah Tafkhim karena sebelum lafadz Allah. Terdapat huruf hijaiyah yang berharakat fathah.

Demikian ulasan mengenai contoh bacaan Lam Jalalah. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik