Sandiaga Uno Terima Kritikan Reza Arap soal Kedatangan IShowSpeed: Kita Jangan Baperan

Sandiaga Uno Terima Kritikan Reza Arap soal Kedatangan IShowSpeed: Kita Jangan Baperan

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 23 September 2024 - 20:00
share

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akhirnya buka suara menanggapi kritik yang dilontarkan oleh Reza Arap ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait kedatangan IShowSpeed ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Melalui akun X pribadinya, Reza Arap kedapatan membalas cuitan Sandiaga yang memberikan apresiasi atas kedatangan IShowSpeed ke Indonesia.

Namun, alih-alih ikut mengapresiasi dan mendukung postingan Sandiaga, Reza justru mengungkapkan kekecewaannya. Pasalnya, ia menganggap Kemenparekraf tidak memiliki andil apa pun atas kedatangan IShowSpeed ke Indonesia.

"Kemana saja, pak? Saya urus semua sendiri pakai koneksi, relasi, dan financial saya yang saya punya yang tidak mungkin sebesar Kemenparekraf," tulis Reza dikutip dari akun X @yourbae.

Baca Juga: Sandiaga Uno Rasakan Dampak Kemajuan Industri Musik, Punya Peran Penting bagi Ekonomi Indonesia

“Kenapa baru muncul pas semua udah terjadi dan selesai lalu merasa bangga akan hal tersebut, pak? Saya nggak butuh credit. Tapi kalian ke mana saja?” lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga memilih untuk berlapang dada menerima kritikan dari pria 36 tahun tersebut. Menurutnya, ini merupakan sebuah masukan yang positif.

"Pertama-tama sosok Reza Arap ini kan seorang yang pelaku ekonomi kreatif, dia masuk ke games, dia juga pemusik, ya termasuk sosok yang berprestasi. Ya kita tentunya sangat mengapresiasi masukan yang diberikan," kata Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandiaga Uno secara online, Senin (23/9/2024).

“Saya rasa valid masukannya. Kita jangan baperan. Bahwa segala masukan itu harus kita terima dengan lapang dada, dengan tangan terbuka. Karena ini mungkin bagian dari mencintai. Dan kita mengapresiasi juga. Saya melihatnya positif ya,” tambahnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekraf Banyuwangi Jadi Content Creator dan Miliki Kemampuan Digital Marketing

Meski begitu, Sandiaga memastikan, bahwa sejauh ini, Kemenparekraf sendiri tak pernah dihubungi mantan suami Wendy Walters tersebut terkait hal yang dipermasalahkannya itu.

Padahal, Kemenparekraf sendiri selama ini selalu membuka pintu lebar-lebar bagi para pelaku ekonomi kreatif. Termasuk para Youtuber untuk melakukan segala bentuk event dan promosi.

“Walaupun tadi pagi di rapim saya tanya apakah ada upaya dari Reza Arap untuk menghubungi kita, karena saya merasa nggak dihubungi. Apakah ada mau audiensi," jelas Sandiaga.

“Karena tadi kita kan memfasilitasi show-show para musisi, kita memfasilitasi Youtuber-youtuber dari mana-mana. Malah ada youtuber dari Afrika yang kita bawa kesini, Palestina juga kemarin,” lanjutnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Tinjau Bali International Airshow 2024, Tiket Terjual Melampaui Target

Di sisi lain, Sandiaga juga memastikan bahwa Youtuber asal Amerika yang dipanggil dengan sebutan El Kecepatan itu sendiri tidak pernah menghubungi Kemenparekraf atas kunjungannya ke Indonesia.

Sehingga, menurut Sandiaga, Kemenparekraf tidak bermaksud mengklaim atas keberhasilan kedatangan IShowSpeed. Hanya saja, kehadiran sang Youtuber memang patut diapresiasi karena bisa membantu mempromosikan Indonesia ke dunia.

“Tapi untuk yang iShowSpeed ini kita nggak pernah dihubungi. Jadi seandainya kita tidak memberikan respons terus mengklaim, itu tentunya tidak bisa diterima. Tetapi, per hari ini, per jam ini, saya belum menemukan siapa pun yang ngontak Kemenparekraf,” tutur Sandiaga.

“Tapi terlepas dari itu, pasti saya sangat menghargai. Mengurus dengan koneksi, dan finansial sendiri. Karena dampaknya positif buat Indonesia. Dan terima kasih banyak untuk mas Reza Arap," pungkasnya.

Topik Menarik