Surat Al Quran untuk Bayi Baru Lahir, Lengkap Bacaan Adzan serta Tata Caranya

Surat Al Quran untuk Bayi Baru Lahir, Lengkap Bacaan Adzan serta Tata Caranya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 18:27
share

JAKARTA, iNews.id - Surat Al Quran untuk bayi baru lahir bisa Muslim amalkan ketika menyambut kelahiran anak. Selain sebagai bentuk rasa syukur, dengan membacakan surat tersebut diharapkan sang bayi kelak jadi anak yang saleh dan terhindar dari godaan setan.

Tiap manusia yang dilahirkan ke dunia dari alam rahim dalam kondisi suci pasti menangis. Dalam hal ini, aspek pendengaran dan penglihatan harus selalu dioptimalkan untuk mencari ilmu dan pengetahuan sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat.

Selain dengan membacakan Surat Al Quran, muslim juga disunnahkan mengumandangkan adzan di telinga kanan bayi yang baru lahir. Hal itu juga merupakan perbuatan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Para ulama pun sepakat bahwa sunnah hukumnya mengumandangkan adzan dan iqomah pada saat bayi lahir ke dunia.

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya Ritual dan Tradisi Islam Jawa menjelaskan, dalam Kitab Fiqih Al islami wa Adillatuhu, juz I halaman 5561 disebutkan bahwa Adzan juga disunnahkan untuk perkara selain sholat di antaranya adzan di telinga kanan untuk anak yang baru dilahirkan. Seperti halnya sunnah untuk melakukan iqomah di telinga kirinya.

Kesunahhan ini dapat diketahui dari sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Umar bin Ubaidillah Abi Rafi.

عن أَبى رَافِعٍ قال : رَأَيْتُ النَّبِيَّ  أَذَّنَ فِي أُذُنِ الْحَسَنِ حِينَ وَلَدَتْهُ فَاطِمَةُ

Dari Abu Rafi RA dia berkata : Aku melihat Rasulullah SAW mengadzani telinga Al-Hasan ketika dilahirkan oleh Fatimah. (HR. Abu Daud, At-Tirmizy dan Al-Hakim)

عَنْ حُسَيْنٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَذَّنَ فِي أُذُنِهِ الْيُمْنَى وَأَقَامَ فِي أُذُنِهِ الْيُسْرَى لَمْ تَضُرَّهُ أُمُّ الصِّبْيَانِ

Dari Husain beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang dilahirkan untuknya seorang anak, kemudian dia mengadzani di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri, maka tidak akan memudhorotkannya Ummus Shibyaan (Jin yang mengikutinya atau hembusan angin). (H.R Abu Ya’la).

Dalam hadits lain juga disebutkan:

عَنِ ابْنِ عَباَّسٍ  أَنَّ النَّبِيَّ  أَذَّنَ فيِ أُذُنِ الحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ يَوْمَ وُلِدَ وَأَقَامَ فيِ أُذُنِهِ اليُسْرَى

Dari Ibnu Abbas radhiyallahuanhu bahwa Nabi SAW melantunkan adzan di telinga Al-Hasan bin Ali ketika dilahirkan, dan melantunkan iqamah di telinga kirinya. (HR. Al-Baihaqi). 

Berikut bacaan surat Al Quran untuk bayi yang baru lahir lengkap teks Arab, latin, dan artinya.

Surat Al Quran untuk Bayi Baru Lahir

1. Surat Al Fatihah

Surat Al Quran untuk bayi baru lahir pertama yang dibacakan yakni, Surat Al Fatihah. 

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Latin: Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil aalamiin, arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyya kana'budu wa iyyaaka nasta,in, ihdinash shirathal mustaqim, shiraathal ladziina an’amta alaihim, ghairil maghduubi alaihim wa ladh dhaalliin. Amin

Artinya: "Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, tuhan seru sekalian alam. Yang maha pengasih dan penyayang. Yang menguasai hari kemudian. Pada-Mu lah aku mengabdi dan kepadaMu lah aku meminta pertolongan. Tunjukilah kami kejalan yang lurus. Bagaikan jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat. Bukan jalan mereka yang Engkau murkai atau jalannya orang-orang yang sesat."

Surat Al fatihah berisi tentang pujian kepada Allah SWT yang telah memberi kehidupan kepada manusia. Selain itu, perintah manusia untuk menyembah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah SWT serta meminta petunjuk dan jalan lurus.

2. Surat Al Ikhlas

Surat Al Quran untuk bayi baru lahir selanjutnya yang dibacakan yakni, Surat Al Ikhlas. 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (4)

Latin: Qul huwallāhu aḥad(un). Allāhuṣ-ṣamad(u). Lam yalid wa lam yūlad. Wa lam yakul lahū kufuwan aḥad(un).
Artinya: Katakanlah, "Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula-diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

Caranya, surat tersebut dibacakan di telinga kanan bayi yang baru lahir dengan tujuan agar kelak memiliki keimanan yang kuat.

3. Surat Al Qadr

Surat Al Quran untuk bayi baru lahir berikutnya yakni Surat Al Qadr. 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Caranya, bacakan surat itu di telinga kanan sang bayi. Dengan membacakan surat Al Qadar diharapkan kelak sang anak mendapat takdir baik dan dimudahkan segala urusan.

4. Surat Ali Imran Ayat 36

Surat Al Quran untuk bayi baru lahir selanjutnya ykani, Surat Ali Imran ayat 36.

وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Artinya: Aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk". (QS. Ali Imran: 36). 

Ayat tersebut merupakan doa yang dibaca Istri Ali Imran saat melahirkan Siti Maryam dengan meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan. 

Caranya: ayat tersebut dibacakan di telinga kanan sang bayi.

5. Surat An Nahl Ayat 78

Surat Al Quran untuk bayi berikutnya yakni Surat An Nahl ayat 78.

وَاللّٰهُ اَخْرَجَكُمْ مِّنْۢ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ شَيْئًاۙ وَّجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَالْاَفْـِٕدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (QS. An Nahl:78).

Caranya: ayat tersebut dibacakan pada telinga kanan sang bayi. Tujuannya agar kelak sang anak pandai bersyukur.

Adzan Bayi

Selain bacaan Surat Al Quran untuk bayi baru lahir juga disunnahkan mengumandangkan adzan dan iqomah.

Dalam hadits disebutkan bahwa melantunkan adzan pada telinga kanan sang bayi sesaat setelah dilahirkan ibunya merupakan syairat yang disunnahkan. Artinya, syariat yang telah dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Berikut bacaan adzan untuk bayi:

(٢x) اَللهُ اَكْبَرُ،اَللهُ اَكْبَرُ
(٢x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلٰهَ إِلَّااللهُ
(٢x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
(٢x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
(١x) اَللهُ اَكْبَرُ ،اَللهُ اَكْبَرُ
(١x) لَا إِلَهَ إِلَّااللهُ

Latin:

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
Asyhadu allaa illaaha illallaah. (2x)
Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2x)
Hayya 'alashshalaah (2x)
Hayya 'alalfalaah. (2x)
Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
Laa ilaaha illallaah (1x)

Artinya :

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah

Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah

Marilah Sholat

Marilah menuju kepada kejayaan

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Tiada Tuhan selain Allah.

Demikian ulasan surat Al Quran untuk bayi baru lahir dan bacaan adzan untuk si kecil agar diberikan keselamatan dan keberkahan dalam hidupnya.

Wallahu A'lam.

Topik Menarik