10 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Liburan Lebih Seru dan Hemat

10 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta, Liburan Lebih Seru dan Hemat

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 12 September 2024 - 06:46
share

Jakarta selalu mampu menyajikan rekomendasi tempat wisata gratis untuk mengisi liburan masyarakat. Rupanya, kota metropolitan ini tidak hanya memiliki kehidupan yang sibuk, tapi juga menyimpan berbagai pesona tempat wisata superhemat yang siap memikat hati para pengunjung.

Rekomendasi tempat wisata kali ini tidak sekadar mengukir momen berlibur, tapi sekaligus memberikan pengalaman dan edukasi bagi masyarakat Jakarta. Selain itu, Jakarta juga terdiri dari wilayah pusat hingga pinggiran kota.

Dengan begitu, Anda dapat menemukan pengalaman wisata yang menarik tanpa harus mengeluarkan biaya. Mulai wisata hutan hingga museum yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga maupun pasangan.

Alamat: Pintu Tujuh Senayan, Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

2. Taman Situ Lembang

Tempat wisata gratis kedua yang wajib Anda kunjungi yaitu Taman Situ Lembang. Taman ini memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki danau di area tamannya. Tentu, keunikan ini menjadi pendukung bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau dan suasana taman. Selain itu, taman ini juga menjadi spot foto yang cocok untuk dipamerkan di media sosial.

Alamat: Jl. Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Taman Tebet Eco Park

Kawasan Tebet Eco Park merupakan taman yang baru di Jakarta Selatan. Taman ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Jakarta untuk liburan, bahkan tidak jarang digunakan untuk rekreasi bersama keluarga.

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, Kec. Tebet, Jakarta Selatan.

4. Lotte Allay

Lotte Allay memberikan banyak spot foto instagramable serta jajanan khas Korea dan Jepang yang lezat. Area ini terletak di dalam Lotte Shopping Avenue di lantai LG. Bagi para pengunjung yang hanya sekadar berkeliling tidak perlu untuk membayar untuk masuk ke area Lotte Allay.

Alamat: Lotte Mall, JI. Prof. DR. Satrio No. Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

5. Pantjoran Chinatown PIK

Kawasan Pantjoran Chinatown PIK yang terletak di Jakarta Utara hingga kini masih menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Hal ini disebabkan adanya ciri khas unik berupa ornamen budaya China yang terdapat di destinasi wisata tersebut.

Selain ornamen, terdapat pula pagoda yang menjulang tinggi yang mendukung para pengunjung untuk menikmati pemandangan di kawasan tersebut. Anda tidak perlu khawatir, sebab destinasi ini gratis kalau Anda hanya ingin sekadar menikmati pemandangan dan liburan.

Alamat: Pantai Indah Kapuk 2, Kamal Muara, Jakarta Utara.

Ketika mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan suasana penuh semangat dan bersejarah. Lapangan ini menjadi salah satu lapangan terbesar di dunia dan dikelilingi tempat penting dan bersejarah, seperti Monumen Nasional (Monas), Masjid Istiqlal, dan Gedung Merdeka.

Alamat: Merdeka Square, Jakarta, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

7. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Stadion utama GBK menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat untuk berlibur sekaligus menjadi tempat favorit penggemar olahraga. Ini merupakan stadion terbesar di Indonesia dan telah menjadi tempat berbagai acara olahraga internasional seperti Asian Games dan SEA Games.

Tak hanya itu, GBK juga kerap dijadikan tempat konser musik dan belakangan ini menjadi tempat misa Paus Fransiskus

Alamat: Jl. Pintu Satu Senayan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

8. Taman Fatahillah

Taman Fatahillah merupakan salah satu taman yang bersejarah di Jakarta. Konon, taman ini pernah dijadikan tempat hiburan para tentara pada masa pemerintah kolonial Belanda. Di tengah taman terdapat bangunan bernama Museum Sejarah Jakarta.

Jika mengunjungi tempat wisata satu ini, Anda akan merasakan suasana kolonial yang pekat dan juga bisa berfoto di wilayah tersebut.

Alamat: Jl. Lada Dalam, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat.

9. Museum Bank Indonesia

Bagi pecinta sejarah Indonesia khususnya di bidang perbankan, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini. Museum BI terletak di gedung bekas De Javasche Bank yang dulu dijadikan bank sentral Hindia pada masa pemerintahan Belanda.

Museum ini menampilkan pameran yang dapat dikunjungi sekaligus memberikan wawasan tentang sistem perbankan di zaman kolonial.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

10. Kota Tua Jakarta

Tempat wisata terakhir yang paling banyak diminati masyarakat Jakarta dan sekitarnya, yaitu Kota Tua Jakarta. Bukan tanpa sebab, tempat wisata satu ini gratis dan Anda dapat menikmati pemandangan dari bangunan pada masa kolonial Belanda.

Ketika mengunjungi wilayah ini, Anda akan merasakan suasana di masa lampau. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan berbagai bangunan tua yang masih kokoh berdiri di wilayah tersebut. Bangunan tua tidak sekadar tua, melainkan masih terdapat arsitektur klasik Belanda.

Alamat: Jl. Kali Besar Timur, Jakarta Barat.

Itulah ulasan mengenai 10 rekomendasi tempat wisata gratis di Jakarta. Semoga bermanfaat! MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik