Agenda Lengkap Paus Fransiskus di Indonesia 3 - 6 September 2024

Agenda Lengkap Paus Fransiskus di Indonesia 3 - 6 September 2024

Gaya Hidup | tuban.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 08:00
share

JAKARTA, iNewsTuban.id - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik dan Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus, akan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dalam rangkaian perjalanan Paus Fransiskus ke wilayah Asia Pasifik.

 

Kunjungan ini mengusung tema 'Iman, Persaudaraan, dan Bela Rasa'. Tema ini mencerminkan semangat kebersamaan dan cinta kasih yang menjadi inti dari kunjungannya.

 

Ini merupakan momen bersejarah bagi Indonesia, karena Paus Fransiskus menjadi Paus ketiga yang mengunjungi negara ini. Sebelumnya, Paus Santo Paulus VI berkunjung pada 3-4 Desember 1970, dan Paus Santo Yohanes Paulus II pada 9-14 Oktober 1989. Setelah 35 tahun, Gereja Katolik Indonesia kembali menyambut kehadiran seorang Paus.

 

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Antonius Subianto Bunjamin mengungkapkan rasa syukur dan sukacita Gereja Indonesia atas kedatangan Paus Fransiskus. "KWI telah bekerja sama dengan Nunsius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak April 2024," ujarnya, Sabtu (1/9/2024).

 

Berikut adalah agenda lengkap perjalanan Paus Fransiskus di Indonesia:

 

- Senin, 2 September 2024  
  Paus Fransiskus berangkat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino menuju Jakarta.

 

- Selasa, 3 September 2024  
  Kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Penyambutan resmi akan dilakukan di sana.

 

- Rabu, 4 September 2024  
  Paus Fransiskus akan menghadiri upacara penyambutan di Pelataran Istana Merdeka, Jakarta, dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo. Selanjutnya, Paus akan bertemu dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara.

 

  Pada hari yang sama, Paus Fransiskus akan bertemu dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. Kemudian, Paus akan mengadakan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta.

 

- Kamis, 5 September 2024  
  Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, untuk berdialog tentang perdamaian dan persaudaraan antaragama. Setelah itu, Paus akan mengunjungi Kantor KWI di Jakarta dan bertemu dengan penerima manfaat dari berbagai organisasi amal.

 

  Sore harinya, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, yang diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 80.000 jemaat.

 

- Jumat, 6 September 2024  
  Paus Fransiskus akan mengakhiri kunjungannya di Indonesia dan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Port Moresby, Papua Nugini, untuk melanjutkan perjalanan apostoliknya ke negara-negara lain di Asia Pasifik.

 

Setelah Indonesia, Paus Fransiskus akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Perjalanan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antaragama dan mempromosikan perdamaian di kawasan Asia Pasifik.

Topik Menarik