17 Agustus Kekinian, 25 Ide Lomba Kreatif dan Menghibur

17 Agustus Kekinian, 25 Ide Lomba Kreatif dan Menghibur

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Rabu, 7 Agustus 2024 - 07:30
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ide lomba 17 Agustus kekinian berikut ini bisa jadi inspirasi bagi panitia HUT Kemerdekaan RI maupun pemuda karang taruna.

Tanggal 17 Agustus 2024 Indonesia akan memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-79. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat akan memeriahkan hari bersejarah itu dengan berbagai kegiatan, seperti perlombaan yang kekinian dan beda dari biasanya.

Nah, bagi kamu yang bingung ide lomba 17 Agustus kekinian, berikut iNews.id akan berikan informasinya dilansir dari berbagai sumber, Senin (5/8/2024).

Ide Lomba 17 Agustus Kekinian

1. Lomba Futsal Terong

Sepakbola atau futsal merupakan olahraga yang dilakukan dengan memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Kali ini bukan dengan kali, melainkan menggunakan terong yang diikat dengan tali ke pinggang.

Hal itu membuat terong dapat menggantung di antara kedua kaki dan bisa berayun ke depan dan belakang.

2. Lomba Balap Karung Pakai Helm

Permainan individual ini terbilang seru. Para peserta yang telah mengenakan helm harus berlari menuju tempat karung yang telah disediakan setelah peluit dari wasit ditiupkan.

Setelah itu, peserta diharuskan untuk berjongkok dan berjalan menuju titik yang telah ditentukan. Pemenangnya adalah peserta yang sampai garis finish terlebih dahulu.

3. Lomba Tahan Ketawa

Untuk melakukan perlombaan ini, panitia perlu menyiapkan konten-konten lucu dan receh. Cara mainnya yaitu dengan menyetel video-video itu di depan peserta.

Nah, peserta yang bisa bertahan dan tidak tertawa hingga akhir akan jadi pemenangnya. Namun, selama perlombaan berlangsung panitia harus memastikan para peserta benar-benar melihat tayangan dan tidak mengalihkan pandangan.

4. Lomba Makan

Lomba makan ini bisa dilakukan dengan menyiapkan makanan berupa roti, mie, atau nasi goreng.

Para peserta yang telah dihadapkan dengan makanan yang sudah dibagi perporsi harus menghabiskannya dengan durasi waktu tertentu. Siapa yang paling cepat menghabiskan, dia yang jadi pemenangnya.

5. Lomba Tuang Tepung

Lomba tuang tepung ini konsepnya sama dengan estafet tuang air. Bedanya adalah bahan yang dipakai untuk diestafetkan adalah tepung. Jika menggunakan air, risiko peserta akan kebasahan. Tapi kalau tepung bersiap tubuh berbalur tepung.

6. Sepakbola Menggunakan Daster dan Helm

Lomba 17 Agustus satu ini pasti dijamin bikin ngakak. Para peserta dalam perlombaan ini adalah para bapak-bapak. Mereka menggunakan daster dan helm sambil bermain sepakbola.

7. Lomba Estafet Sarung

Lomba ini dilakukan secara berkelompok. Para peserta nantinya saling berbaris menyamping dengan tangan berpegangan.

Nantinya, sarung mulai masuk dari tangan peserta di ujung lalu bergiliran melewati peserta lain hingga sampai di ujung lainnya.

8. Lomba Gebuk Bantal

Lomba gebuk bantal bisa jadi inspirasi lomba kekinian di 17 Agustus. Melihat peserta saling bertarung dan jatuh ke kolam tentu akan membuat penonton ketawa terpingkal-pingkal.

9. Lomba Hias Gang

Lomba ini dikhusukan bagi penduduk yang tinggal di gang. Warga saling bekerjasama menjadikan gang yang biasa mereka dilewati jadi terlihat lebih cantik dan rapi.

10. Lomba Hias Gapura

Lomba satu ini biasanya dilakukan oleh anggota karang taruna ataupun remaja. Adapun, lomba hias gapura biasanya telah dilakukan sejak awal Agustus agar nuansa 17 Agustus terasa.

11. Lomba Fashion

Lomba satu ini terinpirasi Citayam Fashion Week. Aturan perlombaan ini adalah siapa yang paling heboh dan mendapat tepuk tangan paling heboh dari penonton akan menjadi pemenangnya.

Jika kamu ingin lebih serius, peserta yang tampil dengan tatanan busana paling unik akan menjadi pemenangnya.

12. Lomba Jepit Balon

Joget Balon

Selain seru dan meriah, lomba joget balon yang diadakan pada 17 Agustus seringkali mengundang gelak tawa para penonton.

Nantinya akan ada beberapa tim yang terdiri dari dua orang per tim untuk mengikuti perlombaan joget balon. Setiap tim harus meletakkan balon di dada atau kening sambil menari mengikuti irama musik.

13. Lomba Memindahkan Air dengan Gelas

Permainan atau lomba 17 Agustus ini dimainkan secara berkelompok. Setiap peserta mengaitkan gelas plastik di bagian dahinya.

Kemudian, para peserta berbaris. Nantinya di bagian ujung satunya terdapat ember berisi air dan di ujung satunya disiapkan ember atau wadah kosong.

14. Lomba Memindahkan Karet dengan Sedotan

Lomba 17 Agustus memindahkan karet dengan sedotan ini bisa dilakukan secara berkelompok. Cara mainnya yaitu peserta memindahkan karet dengan sedotan secara estafet. Kelompok yang lebih cepat mencapai ujung akan menjadi pemenang.

15. Cari Koin di Dalam Tepung

Lomba mencari koin di dalam tepung bisa jadi ide lomba yang menarik untuk diperlombakan pada 17 Agustus nanti. Sejumlah koin akan disebarkan ke dalam sebuah wadah yang berisi tepung. Para peserta diharuskan untuk mencari koin menggunakan mulut tanpa bantuan tangan.

16. Tebak Gambar

Lomba 17 Agustus berikutnya yang kekinian adalah tebak gambar. Lomba ini dapat diikuti secara berkelompok yang masing-masing beranggotakan 5-7 orang.

Nantinya, setiap tim akan membentuk baris panjang ke belakang. Peserta yang paling depan harus menggambar sesuatu sesuai dengan instruksi yang diberitahukan oleh panitia. Selanjutnya, peserta kedua, ketiga dan seterusnya harus menggambar ulang dengan waktu singkat.

17. Lomba Mewarnai Khusus Anak-anak

Lomba 17 Agustus satu ini bisa diikusertakan untuk anak-anak di bawah 10 tahun. Panitia hanya perlu mempersiapkan kertas dengan area gambar yang sudah tercetak.

Nantinya, anak-anak akan diminta untuk mewarnai gambar tersebut dengan alat mewarnai yang sudah dibawa masing-masing peserta maupun panitia.

18. Tebak Lagu

Selain di kantor dan sekolah, lomba tebak lagu cocok diadakan di acara 17 Agustus.

Setiap peserta akan terbagi ke dalam beberapa tim. Mereka diharuskan menebak musik yang didengar. Jika berhasil menebak, nantinya peserta akan menebak lagu berbeda sampai peserta akhir.

19. Tebak Gerakan

Tak hanya tebak lagu, kamu juga dapat mempersiapkan lomba tebak gerakan untuk tim. Masing-masing tim diisi oleh 5-7 anggota ataupun lebih.

Cara mainnya perlombaan ini adalah panitia akan memberikan sebuah objek yang harus disampaikan dengan gerakan oleh peserta pertama.

Peserta kedua menyampaikan gerakan tersebut ke peserta ketiga dan seterusnya. Nah, peserta terakhir akan bertanggung jawab untuk menjawab objek atau sesuatu dari gerakan dari peserta sebelumnya.

20. Lomba Makan Bakso

Tak hanya makan kerupuk, makan bakso bisa juga dijadikan ide lomba 17 Agustus. Aturannya sama dengan lomba makan kerupuk, yakni peserta yang berhasil menghabiskan bakso paling cepat akan jadi pemenangnya.

21. Memindahkan Kacang Pakai Sumpit

Lomba memindahkan kacang pakai sumpit pasti akan membuat suasana 17 Agustus semakin seru dan meriah.

Setiap peserta diharuskan untuk memindahkan kacang berukuran kecil hanya menggunakan sumpit. Tentu perlombaan ini membutuhkan skill atau kemampuan memegang sumpit dengan baik.

22. Memindahkan Karet Menggunakan Wajah

Perlombaan selanjutnya yang bisa diikutkan dalam lomba 17 Agustus adalah memindahkan karet menggunakan wajah. Lomba ini dapat diikuti secara individu atau perseorangan.

Nantinya, panitia akan meletakan karet di wajah peserta. Setiap peserta harus memindahkan karet dari atas ke bawah hanya dengan ekspresi wajah. Peserta yang berhasil memindahkan karet dengan cepat keluar sebagai juara.

23. Menangkap Belut

Lomba menangkap belut akan menciptakan keseruan dan kemeriahan dari para peserta lomba 17 Agustus. Bukan tanpa sebab, tubuh belut yang licin menjadikannya susah untuk ditangkap.

Peserta diharuskan untuk memindahkan belut dari wadah satu ke wadah lainnya yang masih kosong. Pemenangnya ditentukan dari seberapa banyak belut yang berhasil dikumpulkan.

24. Joget Balon

Lomba joget balon pada 17 Agustus seringkali dapat mengundang gelak tawa para penonton.

Biasanya, akan ada beberapa tim yang terdiri dari dua orang per tim untuk mengikuti perlombaan joget balon. Nantinya, setiap tim harus meletakkan balon di dada ataupun kening sambil menari mengikuti irama musik.

25. Balap Bakiak

Lomba balap bakiak biasanya diikuti oleh tiga orang atau lebih. Mereka akan berjalan secara beriringan di atas papan kayu yang memiliki panjang 1 meter, lebar 9 cm dan tebal 3 cm.

Papan yang digunakan pada perlombaan ini akan diberikan pengait dengan tujuan agar kaki tetap seimbang dan menggunakan papan dengan nyaman.

Demikian ulasan mengenai ide lomba 17 Agustus kekinian. Semoga bermanfaat!

(*)

#lifestyle
Topik Menarik