Mengenal Susu Ikan, Apakah Kandungannya Lebih Baik dari Susu Lain?

Mengenal Susu Ikan, Apakah Kandungannya Lebih Baik dari Susu Lain?

Gaya Hidup | medan.inews.id | Senin, 16 September 2024 - 16:50
share

JAKARTA, iNews.id - Susu ikan disebut pada salah satu menu program makan bergizi gratis (MBG) ala Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto.

Inisiasi penggunaan susu ikan sendiri muncul karena kebutuhan susu sapi di Indonesia masih bergantung dengan impor nyaris 80 persen. 

Jika susu ikan nantinya bisa diproduksi secara massal di Indonesia, bukan tidak mungkin jika produk susu satu ini diharapkan jadi pengganti susu sapi dalam program Makan Bergizi Gratis. 

Lantas, apa itu susu ikan? Berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai mengenal susu ikan. 

Mengenal Susu Ikan
Mengutip laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP), Kamis (12/9/2024), susu ikan adalah produk inovasi berbahan baku ikan yang kemudian diproses dengan teknologi modern hingga menghasilkan Hidrolisat Protein Ikan (HPI).

Salah satu keunggulan dari susu ikan ini adalah mengandung EPA DHA dan Omega 3 yang tinggi.

Selain itu, produk susu satu ini bebas dari alergen serta mudah dicerna tubuh sebab memiliki penyerapan protein mencapai 96 persen. 

Adapun, susu ikan pertama kali dirilis pada Agustus 2023. Produk susu ini merupakan hasil kemitraan Koperasi Nelayan Mina Bahari (Indramayu) dengan PT Berikan Teknologi Indonesia, yang diresmikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki.

Sementara itu, susu sapi seperti diketahui mengandung kaya akan protein, vitamin D, kalsium, fosfor, dan berbagai jenis nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 

 Suatu produk pasti memiliki kekurangan, tak terkecuali dengan susu ikan. Menurut Dietisien dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta Fitri Hudayani, mengungkapkan susu ikan juga mengandung alergen seperti susu sapi yang bisa memicu reaksi alergi kepada konsumen tertentu. 

Melihat hal itu, Fitri juga menambahkan perlu adanya kajian ilmiah lebih lanjut mengenai rasa dan aroma susu ikan. Sebab, tidak semua orang menyukainya. 

Demikian ulasan mengenai mengenal susu ikan. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik