Jokowi: Program Makan Bergizi Gratis Tingkatkan Gizi Anak

Jokowi: Program Makan Bergizi Gratis Tingkatkan Gizi Anak

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 18:30
share

PRESIDEN Joko Widodo ( Jokowi) turut menyinggung sejumlah manfaat dari program Makan Siang Gratis atau program Makan Bergizi Gratis dalam pidato kenegaraannya di Sidang Paripurna DPR RI mengenai RAPBN Tahun 2025, hari ini, Jumat (16/8/2024)

Menurut Jokowi, program besutan pasangan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto itu tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan gizi anak -anak Indonesia , namun juga dapat memberdayakan para pelaku UMKM dan ekonomi masyrakat kecil di daerah.

Makan bergizi gratis diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM dan ekonomi masyrakat kecil di daerah, ujar Jokowi.

Jokowi juga menyebut bahwa program ini rencananya akan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025, dan dilakukan secara bertahap.

Program ini, dilakukan secara bertahap diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan serta tata kelola yang akuntabel, ungkapnya.

Sebelumnya, Asosiasi profesi para konsultan pengembangan bisnis UMKM (ABDSI) sempat berpendapat, UMKM memang perlu dilibatkan dalam program makan bergizi gratis yang digagas oleh presiden terpilih 20242029 Prabowo Subianto.

Ketua Umum ABDSI Cahyadi Joko Sukmono mengatakan pelibatan UMKM dalam program itu akan mendorong pertumbuhan bisnis UMKM, terutama yang bergerak di sektor makanan dan minuman.

Berdasarkan data kami, 60 persen UMKM di kabupaten dan kota itu ada di sektor makanan dan minuman. Jadi potensinya sangat besar, ujar Cahyadi, melansir dari Antara.

Menurutnya, setelah UMKM dilibatkan dalam program ini, langkah penting berikutnya adalah memastikan produk memenuhi standar kualitas dan mengembangkan jaringan produksi.

Salah satu aspek penting dalam pengembangan jaringan produksi adalah memanfaatkan bahan baku lokal dan memastikan ketersediaannya.

Pendekatan ini diyakini tidak hanya akan menekan biaya produksi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan ekosistem bisnis yang lebih luas.

Topik Menarik