Viral Mamah Dedeh Beri Nasihat Mertua yang Kesal Mantunya Suka Menghindari Acara Keluarga

Viral Mamah Dedeh Beri Nasihat Mertua yang Kesal Mantunya Suka Menghindari Acara Keluarga

Gaya Hidup | tasikmalaya.inews.id | Jum'at, 2 Agustus 2024 - 10:00
share

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Mamah Dedeh kembali viral di media sosial, kali ini karena nasihatnya mengenai mertua yang kesal dengan menantu yang suka menghindari acara keluarga. Apa kata Mamah Dedeh?

Mamah Dedeh ditanya oleh seorang jemaah perempuan tentang bagaimana menyikapi menantu yang sulit harmonis dengan mertua atau bahkan keluarga besar. "Diajak kumpul di rumah saudara gak mau, mah," kata jemaah itu, dikutip dari iNews.id (1/8/2024).

Jemaah itu melanjutkan, "Si mantu itu selalu suka tidak sinkron atau tidak sejalan dengan mertuanya. Si ibu mertua sering nangis, 'aduh gimana, ya, caranya untuk mendekatkan aku biar harmonis dengan mantu'."

Mamah Dedeh menanggapi persoalan tersebut dengan tenang dan meminta para mertua untuk tidak menyalahkan menantu. Jangan juga mudah menganggap menantu tidak tahu diri karena sulit dekat dengan mertua atau keluarga besar.

"Punten, tidak boleh kita men-judge menantu yang salah, menantu gak tahu diri, gak mau akur sama saudara. Salah! Boleh jadi cara kita merangkul menantu yang salah," kata Mamah Dedeh dikutip dari tayangan Youtube MNCTV Official yang dibagikan ulang di akun Instagram @lambegosiip, Kamis (1/8/2024).

Mamah Dedeh menekankan, begitu Anda punya menantu, itu artinya anak Anda ada orang yang disukai. Anda sebagai ibu dari anak laki-laki, rangkul menantu Anda. Jadikan si menantu anak Anda juga.

"Kalau ngaji, diperkenalkan ke orang-orang atau kalau ada tamu ke rumah, bilang, 'Bu, perkenalkan ini anak saya'," kata Mamah Dedeh.

Jika Anda sebagai mertua sudah mencoba mendekatkan diri dengan menantu tapi tetap tidak akrab, maka serahkan hasilnya pada Allah SWT.

"Siapa yang beriman kepada Allah SWT, hatinya mendapat petunjuk. Jadi, kalau usahanya sudah maksimal (mendekatkan diri ke menantu) lalu sudah diiringi doa juga, hasilnya serahkan kepada Allah SWT. Beres hati kita. Jangan dipikirin, nanti bengek!" kata Mamah Dedeh.

Nasihat Mamah Dedeh itu disambut hangat oleh netizen Instagram. Banyak dari mereka yang merasa perasaannya terwakili.

"Benar, mah. Bukannya menghindar (acara keluarga), hanya saja menjaga hati agar tidak kembali terluka," kata @upd***.

"Mamah Dedeh si duta menantu Indonesia," ungkap @nof***.

"Aku termasuk mantu yang menghindar kalau ada acara keluarga suami, karena gak mau jadi bahan hinaan saja. Mereka kalau kumpul berani mencela aku, tapi kalau sendiri sok baik," ujar @stor***.

"Nah bener nih Mamah Dedeh. Banyak mertua yang suka mendominasi, gampang nge-judge," kata @dexa***.

Topik Menarik