5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

Gaya Hidup | sindonews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:00
share

Ada beberapa gerakan yoga untuk meredakan nyeri pergelangan tangan yang mengganggu. Gerakan ini dapat meregangkan dan memperkuat fleksor dan ekstensor pergelangan tangan, melatih otot tangan dan pergelangan tangan.

Selain itu, gerakan yoga ini juga terbukti bisa meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas, meningkatkan sirkulasi, dan menargetkan fungsi sendi. Gerakan ini bisa menjadi solusi untuk mereka yang mengalami nyeri pergelangan tangan karena mengetik selama berjam-jam.

Mengetik berlebihan dan mempertahankan postur tubuh dalam jangka waktu lama dapat membuat pergelangan tangan nyeri. Beberapa orang bahkan mengembangkan sindrom terowongan karpal, yang berhubungan dengan melakukan tugas berulang dengan tangan, termasuk mengetik.

Berikut adalah gerakan yoga untuk meredakan nyeri pergelangan tangan dilansir dari Health Shots, Sabtu (29/6/2024).

5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Pergelangan Tangan

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Asam Urat secara Alami

1. Tangan Tergenggam Dorong ke Bawah

Lakukan gerakan ini dengan berdiri atau duduk dengan lutut terbuka lebar. Genggam tangan Anda dengan longgar di depan. Tarik napas, dorong tangan yang tergenggam ke bawah tanpa membungkuk ke depan. Tahan selama 5 detik, lalu buang napas dan rileks. Ulangi dua kali.

2. Pose Anjing Menghadap ke Bawah

Mulailah dengan posisi merangkak untuk melakukan pose anjing menghadap ke bawah. Selipkan jari-jari kaki ke bawah dan angkat pinggul ke atas dan ke belakang, sehingga terbentuk bentuk V terbalik. Tarik napas dalam-dalam sambil melatih inti Anda.

3. Rotasi Pergelangan Tangan

Mulailah dengan duduk atau berdiri, tetapi pastikan Anda merasa nyaman. Putar pergelangan tangan Anda dengan gerakan memutar, mula-mula searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam. Bernapaslah dengan normal sambil melakukan rotasi pergelangan tangan.

Baca Juga: 8 Gerakan Yoga untuk Memperlancar Menstruasi, Cukup Lakukan 10 Menit

4. Pose Pohon Palem

Untuk melakukan gerakan pohon palem, berdirilah tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul. Angkat lengan Anda ke atas, jaga agar tetap sejajar satu sama lain. Tarik napas dalam-dalam, dan fokus pada keseimbangan Anda saat melakukan pose yoga berdiri yang tidak hanya meregangkan pergelangan tangan, tetapi juga lengan, dan kaki.

5. Pose Wajah Sapi

Untuk melakukan gerakan ini, duduk tegak dengan kaki bersilang. Ambil lutut kanan Anda dan letakkan di atas paha kiri Anda. Pastikan lutut kiri Anda berada di bawah paha kanan Anda. Putar badan Anda ke kanan, dan bawa lengan kiri ke belakang punggung, dengan lengan kanan meraih tangan kiri. Tarik napas dalam-dalam sambil melakukan pose wajah sapi.

Topik Menarik