5 Alasan Kenapa Lalat Suka Hidup di Tempat yang Kotor

5 Alasan Kenapa Lalat Suka Hidup di Tempat yang Kotor

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 5 Januari 2023 - 12:01
share

JAKARTA, iNewsMedan.id - Lalat merupakan mahluk hidup yang suka hidup di tempat yang kotor. Meski begitu, ternyata ada alasan kenapa lalat melakukan hal tersebut.

Secara umum, alasan lalat suka hidup di tempat kotor karena sumber makanannya adalah kotoran.

Namun, ternyata terdapat alasan lain kenapa lalat suka hidup di tempat kotor.

Berikut alasan kenapa lalat suka hidup di tempat kotor:

1. Lalat Sangat Tertarik dengan Kotoran

Lalat memang pada dasarnya sangat tertarik dengan kotoran. Kotoran memberikan sumber gizi yang dibutuhkan oleh lalat. Sehingga mereka nyaman untuk tinggal di tempat kotor.

2. Sumber Makanan

Lalat memakan makanan kotor seperti bangkai, makanan busuk, sisa sayur dan buah, dan kotoran lain yang memiliki bau tidak sedap. Makanan tersebutlah yang memberikan sumber gizi bagi lalat.

3. Tempat Bertelur Lalat di Tempat Kotor

Lalat ternyata biasa bertelur di tempat kotor. Dia bertelur langsung di sumber makanannya, di atas makanan busuk dan bangkai. Selain itu, lalat juga dapat bertelur di tong sampah dan tumpukan kompos.

Lalat betina bisa bertelur sekitar 75 hingga 150 telur sekaligus. Proses bertelur hingga menetas juga sangat cepat, hanya dalam hitungan 12 sampai 24 jam telur lalat bisa menetas. Sehingga membuat populasi lalat sangat banyak.

4. Memiliki Bakteri di Kaki dan Sayap

Lalat memang kaya akan bakteri akibat kebiasaannya yang tinggal di tempat kotor. Bakteri tersebut hinggap di kaki dan sayap lalat. Bakteri di lalat juga dapat membawa penyakit bagi manusia.

5. Lalat Memiliki Kebiasaan yang Buruk

Lalat memiliki kebiasaan yang buruk ketika sebelum makan. Dia akan memuntahkan isi perut ke makanannya, dengan tujuan agar mudah dicerna.

Lalat juga biasa buang air besar atau kotorannya di makanan atau permukaan yang dihinggapinya. Sehingga makanan yang dia makan akan penuh dengan bakteri yang berbahaya bagi manusia.

Itulah alasan kenapa lalat suka hidup di tempat kotor. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul 5 Alasan Kenapa Lalat Suka Hidup di Tempat Kotor

Topik Menarik