Resep Kue Cucur Gula Merah, Jajanan Tradisional yang Empuk dan Endul

Resep Kue Cucur Gula Merah, Jajanan Tradisional yang Empuk dan Endul

Gaya Hidup | herstory | Senin, 24 Oktober 2022 - 17:00
share

Kue cucur merupakan salah satu jajanan tradisional yang memiliki cita rasa manis dan tekstur yang empuk. Rasa manis kue satu ini berasal dari gula merah yang bikin ketagihan.

Untuk membuatnya juga terbilang mudah, lho. Penasaran? Mengutip dari akun Instagram @lestarisahidin, berikut resep kue cucur gula merah.

Bahan:

Baca Juga: Resep Enting-enting Kacang, Jajanan Jadul yang Bikin Nostalgia

Cara membuat:

1. Rebus gula merah, gula pasir, air (200ml) daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampe hangat.

2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yg telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mikser dengan speed rendah selama 5 menit.

3. Istirahatkan adonan selama 15 menit (saya diamkan 2 jam) Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental bs ditambah sedikit air agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental).

4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung (jangan terlalu banyak ya minyaknya). Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.

5. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yg sudah panas. Siram siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yg keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba, Moms!

Topik Menarik