Idap Kanker Payudara sejak 2021, Keluarga Ungkap Detik-Detik Puput Novel Meninggal Dunia

Idap Kanker Payudara sejak 2021, Keluarga Ungkap Detik-Detik Puput Novel Meninggal Dunia

Gaya Hidup | inews | Senin, 9 September 2024 - 06:05
share

JAKARTA, iNews.id - Artis lawas Puput Novel meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta, Minggu (8/9/2024), pukul 18.24 WIB. Keluarga mengungkapkan, sang kakak meninggal karena riwayat penyakit kanker payudara yang dideritanya sejak 2021. 

Adik kandung Puput Novel, Baginda Jaya menuturkan kakaknya sudah menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit dan sempat membaik pada 2022-2023. Di kurun waktu tersebut, Puput terbilang cukup aktif, salah satunya di dunia politik. 

“Udah dari 2021. Sudah terdiagnosa langsung kanker payudara ya. Enggak lama sih kita, sebulan kemudian langsung ambil tindakan medis,” ujar Baginda, saat diwawancara di rumah duka kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (8/9/2024) malam.

“2022-2023 itu sempat membaik. Bahkan kan kemarin beliau sempat ikut pemilu ya. Karena beliau juga kan politisi,” katanya. 

Namun pada Agustus 2024, kesehatan Puput Novel mendadak menurun drastis. Menurut Baginda, hal itu lantaran sang kakak mengalami sejumlah komplikasi, mulai dari paru-paru hingga jantung. 

“Kita pikir akan membaik. Cuma pas 2024 itu, pas Agustus itu udah langsung drop. Mendadak drop, karena ada komplikasi. Jadi emang keadaan memburuk dengan cepat,” ujar Baginda.

“Beliau itu ada komplikasi di paru-paru, liver dan jantung. Terutama yang paru-paru ya. Karena kan enggak bisa nafas. Dan mungkin karena dari enggak bisa nafas itu, kerja jantungnya jadi lebih berat,” ujarnya. 

Menurut Baginda, selama dirawat 4 hari di rumah sakit MMC Kuningan, Jakarta, sang kakak mengalami masa-masa kritis hingga harus menghembuskan nafas terakhir karena mengalami gagal jantung. 

“Dan, memang saya lihat di angka-angka di monitor yang ada di ICU itu, tekanan jantungnya tinggi banget. Bisa dibilang ya gagal jantung lah pada akhirnya. Saya lihat saturasinya terus turun-turun,” katanya.

Sebagai informasi, kabar meninggalnya Puput Novel pertama kali dikabarkan management Ruli Siahaan. "Telah meninggal dunia artis cantik dan baik hati Mbak Puput Novel dalam usia 50 tahun," kata Ruli.

Bagi generasi era 80-an tentu tak asing dengan sosok Puput Novel. Dia merupakan artis cilik yang hits di era 1980-an. 

Pada masanya, wajah Puput Novel kerap muncul di layar kaca dengan mengisi berbagai program televisi. Selama berkarier, Puput juga telah merilis beberapa single yang cukup hits, yakni Kojak, Puput Bayi Ajaib, dan Masa Liburan.

Topik Menarik