Sakit yang Diderita Puput Novel sebelum Meninggal, Komplikasi usai Divonis Kanker Payudara pada 2021

Sakit yang Diderita Puput Novel sebelum Meninggal, Komplikasi usai Divonis Kanker Payudara pada 2021

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 9 September 2024 - 07:00
share

Adik kandung Puput Novel, Baginda Jaya, mengungkapkan bahwa mendiang sang kakak meninggal karena riwayat penyakit kanker payudara yang sudah dideritanya sejak 2021.

Saat itu, Puput mulai menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit dan bahkan sempat membaik pada 2022-2023. Di kurun waktu tersebut, Puput terbilang cukup aktif, salah satunya dengan terjun ke dunia politik.

Udah dari 2021. Sudah terdiagnosa langsung kanker payudara ya. Nggak lama sih kita, sebulan kemudian langsung ambil tindakan medis, ujar Baginda saat diwawancara di rumah duka, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, pada Minggu (8/9/2024) malam.

Tahun 2022-2023 itu sempat membaik. Bahkan kan kemarin beliau sempat ikut Pemilu ya. Karena beliau juga kan politisi, lanjutnya.

Sayang, pada Agustus 2024, kesehatan Puput Novel mendadak menurun drastis. Menurut Baginda, hal itu lantaran sang kakak mengalami sejumlah komplikasi, mulai penyakit paru-paru hingga jantung.

Kita pikir akan membaik. Cuma pas 2024 itu, pas bulan Agustus udah langsung drop. Mendadak drop, karena ada komplikasi. Jadi memang keadaan memburuk dengan cepat, tutur Baginda.

Beliau itu ada komplikasi di paru-paru, liver, dan jantung. Terutama yang paru-paru ya. Karena kan nggak bisa napas. Dan mungkin karena dari nggak bisa napas itu, kerja jantungnya jadi lebih berat, lanjutnya.

Bahkan, menurut Baginda, selama dirawat 4 hari di rumah sakit MMC Jakarta, sang kakak mengalami masa-masa kritis hingga harus mengembuskan nafas terakhir karena mengalami gagal jantung.

Sebagai informasi, Puput Novel mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 18.24 WIB di rumah sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Kabar duka tersebut pertama kali dikabarkan oleh perwakilan pihak manajemen Puput, Ruli Siahaan.

"Telah meninggal dunia artis cantik dan baik hati Mbak Puput Novel dalam usia 50 tahun," kata Ruli dalam keterangannya.

Topik Menarik