Infografis Deretan Pernyataan Kontroversial Mahathir Mohamad

Infografis Deretan Pernyataan Kontroversial Mahathir Mohamad

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 21:06
share

JAKARTA, iNews.id - Mahathir Mohamad menjadi sorotan beberapa hari terakhir terkait pernyataannya soal Malaysia perlu mengklaim Kepulauan Riau. Namun itu bukan kali pertama mantan perdana menteri Malaysia terlama itu melontarkan pernyataan kontroversial.

Juni 2022

Mahathir Mohamad menyampaikan pernyataan yang menyentak masyarakat Indonesia. Saat menghadiri kongres \'Aku Melayu: Survival Bermula\' di Selangor, pada Minggu (19/6/2022), Mahathir mengatakan, adalah hal yang lebih berharga bagi Malaysia dalam memenangkan kendali atas Pulau Sipadan dan Ligitan di Kalimantan melawan Indonesia di Mahkamah Internasional (ICJ), seraya memberikan Pulau Batu Puteh, yang dianalogikannya sebagai batu seukuran meja, ke Singapura.

Seharusnya kita tidak hanya menuntut agar Pedra Branca atau Pulau Batu Puteh dikembalikan kepada kita, kita juga harus menuntut Singapura dan Kepulauan Riau, karena mereka adalah Tanah Melayu, ujar Mahathir, saat itu.

Oktober 2020

Pernyataan Mahathir Mohamad yang menanggapi sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menuai kontroversi. Hal itu terkait penghinaan terhadap Islam dan Nabi Muhammad SAW di Prancis. Ketika itu Macron membiarkan gambar kartun Nabi Muhammad di tabloid Charlie Hebdo. Bukan hanya itu, Macron juga menyalahkan Islam terkait tewasnya seorang guru di Prancis.

Pada 29 Oktober 2020, dalam cuitan, Mahathir mengatakan bahwa Muslim memiliki hak untuk marah dan membunuh jutaan orang Prancis atas pembantaian di masa lalu. Selain itu, Mahathir juga mengatakan sikap Macron tidak menunjukkan bahwa dia beradab.

Oktober 2003

Pada suatu kesempatan Oktober 2003, menjelang pertemuan para pemimpin APEC di Bangkok, Thailand, Mahathir menyebut orang Yahudi berhidung bengkok. Dia juga mengatakan orang Yahudi memerintah dunia dengan proxy. Dia sekaligus mempertanyakan jumlah orang Yahudi yang terbunuh dalam Holocaust.

Topik Menarik