5 Contoh Teks Sambutan Maulid Nabi 2024 yang Mudah Dipraktikkan

5 Contoh Teks Sambutan Maulid Nabi 2024 yang Mudah Dipraktikkan

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 23:09
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks sambutan Maulid Nabi 2024 berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi. Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad yang jatuh pada 12 Rabiul awal dalam kalender Hijriah. 

Menurut situs Kementerian Agama RI (Kemenag), Maulid Nabi 1446 H atau 2024 M diperingati pada Senin, 16 September 2024. Berbagai kegiatan pun dilakukan oleh masyarakat di hari besar Islam ini. 

Dalam setiap kegiatan Maulid Nabi biasanya ketua panitia ataupun penanggung jawab acara menyampaikan kata sambutan. 
 
Bagi kamu yang belum menemukan inspirasi mengenai pidato, tak ada salahnya untuk menyimak contoh teks sambutan Maulid Nabi dilansir dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2024). 

Contoh Teks Sambutan Maulid Nabi 2024

1. Contoh Sambutan 1

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahi hamdan katsiron kama amar.

Asyhadu alla ilaha illalah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Sekretaris Desa

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Dusun

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua RT/RW

Yang terhormat, Imam masjid beserta perangkatnya

Yang terhormat, Bapak, Ibu serta semua masyarakat desa “X”

Serta yang sama-sama kita muliakan, al-Ustadz .... Alhamdulillah beliau sudah hadir di tengah-tengah kita pada momentum yang berbahagia ini.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita beragam nikmat baik di kala lapang maupun sempit sehingga kita bisa hadir di masjid/mushola yang penuh ilmu ini dalam rangka memeriahkan kegiatan Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah tahun 2024.

Shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabi Akhir Zaman, Sayyidina Muhammad SAW. Mari senantiasa kita lantunkan shalawat atas Nabi, dan semoga kita semua mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat nanti

Alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini kita kembali bisa berkumpul bersama, bertatap muka bersama, serta belajar bersama dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Saya sebagai kepala desa mengucapkan ribuan terima kasih kepada segenap panitia, pengurus masjid, al-Ustadz, serta juga masyarakat yang telah menyempatkan diri untuk hadir di masjid/mushola yang sama-sama kita cintai ini.

Saya harap, kita semua dapat mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi dengan khusyuk, agar setiap nafas yang kita hirup dan keluarkan mengalir banyak keberkahan.

Selain itu, saya pula mengajak para warga khususnya masyarakat desa X untuk mari sama-sama kita ramaikan masjid, ajak anak-anak kita untuk belajar mengaji dan sholat di masjid.

Semoga para penerus kita nanti dapat memajukan desa ini terutama dari teladan nilai-nilai agama. Lebih jelas dan lengkapnya, saya mohon nanti kepada al-Ustadz ... untuk menyajikan mutiara hikmah dalam momentum Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah.

Kiranya demikian saja sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

2. Contoh Sambutan 2

Bismillah. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Asyadu alla ilaha illalah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala….

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua…

Yang terhormat, para tamu undangan serta para panitia kegiatan Maulid Nabi 1446 Hijriah

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa berkumpul dalam ruangan/masjid ini dalam rangka melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah Tahun 2024.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Di awal kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, perangkat desa, serta semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih pula secara khusus kepada al-Ustadz “Guru Penyemangat” atas ketersediaan dan hadirnya. Semoga kita semua bisa memetik hikmah dan kebaikan di momentum Maulid Nabi ini.

Kami selaku panitia menyadari bahwa kita perlu memetik momentum Maulid Nabi dalam rangka meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya bagi generasi tua, melainkan juga generasi muda khususnya anak-anak kita.

Maka dari itu, sebagai pelengkap kegiatan peringatan Maulid Nabi tahun 2024 ini, kita juga sudah menyediakan beberapa tangkai lomba seperti pildacil, azan, baca Quran, hingga cerdas cermat Islam.

Bapak, Ibu, serta saudara/i sekalian;

Saya selaku ketua panitia dan mewakili teman-teman sekalian meminta maaf atas segala kekurangan yang terjadi pada kegiatan kali ini baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Marilah sama-sama kita menyukseskan kegiatan Maulid Nabi 1446 Hijriah dengan semangat, dengan niat yang tulus dan ikhlas seraya mengharap ridha Allah semata.

Demikianlah beberapa untai kata yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Banyak maaf. Saya akhiri;

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

3. Contoh Sambutan 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirobbil’alamin. Asholatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in. Asyadu alla ilaha illalah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak…

Yang saya hormati, segenap panitia kegiatan Maulid Nabi Muhammad

dan yang saya hormati, hadirin sekalian

Alhamdulillah,

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan bagi kita untuk berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apa pun.

Tak lupa shalawat selalu tercurahkan untuk baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang.

Semoga syafaatnya mengalir bagi kita di hari akhir kelak.

Saudara sekalian yang dirahmati Allah,

Pada awal kesempatan ini, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada para panitia yang telah berusaha mengadakan acara “Pekan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW”.

Tanpa adanya kerja keras panitia dan dukungan Saudara sekalian, acara ini tidak akan bisa terselenggara dengan baik.

Saya sampaikan pula banyak terima kasih pada para donatur yang telah memberikan sebagian sedekahnya dalam bentuk uang serta barang untuk mendukung kelancaran acara Maulid Nabi Muhammad.

Semoga apa yang Saudara berikan mendapatkan balasan berkali-kali lipat dari Allah SWT.

Tujuan penyelenggaraan acara Maulid Nabi Muhammad ini adalah untuk mempererat silaturahmi sekaligus menjadi sarana menimba ilmu dengan adanya kegiatan kajian dari penceramah.

Saya mewakili panitia dan pihak penyelenggara memohon maaf apabila ada kesalahan dalam mengadakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Mari kita sukseskan acara Maulid Nabi Muhammad ini bersama-sama.

Demikian sambutan yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan ucapan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Sambutan 4

Assalamu 'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruhu wana'udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a'maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan 'abduhuu warosuluh.

Yang kami hormati, Bapak dan Ibu Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Sumber Makmur

Serta anak-anakku sekalian yang dimuliakan Allah.

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan kita beragam nikmat baik di kala lapang maupun sempit sehingga kita bisa hadir di aula sekolah yang penuh ilmu ini dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah tahun 2024.

Sholawat beriring salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kedamaian kepada penduduk bumi, membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang. Mari kita memperbanyak sholawat atas Nabi, agar kita semua mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat. Allahuma Amin.

Alhamdulillah, kita bisa kembali berkumpul di hari yang berbahagia ini sekaligus belajar bersama dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hakikatnya, Maulid Nabi adalah momentum yang sangat baik bagi kita untuk menambah ilmu, ketakwaan, serta keimanan kepada Allah SWT. Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pelita kehidupan.

Dengan terselenggaranya acara lomba di sekolah ini, semoga murid-murid sekalian bisa mengingat dan menerapkan semangat dakwah yang diajarkan Rasulullah SAW. Dan senantiasa menjadikannya sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Saya harap, kita semua dapat mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi dengan khusyuk, agar setiap nafas yang kita hirup dan keluarkan mengalir banyak keberkahan.

Demikian itulah kata sambutan Maulid Nabi yang dapat saya sampaikan. Ada kurangnya saya mohon maaf, sementara jika ada lebihnya adalah kemurahan dari Allah SWT.

Akhiran, wa billahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

5. Contoh Sambutan 5

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Di hadapan kita saat ini, mari kita bersama-sama merayakan momen yang sangat istimewa, yakni peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024. 

Peringatan Maulid Nabi ini adalah saat yang tepat bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk mengenang dan memperingati kelahiran Rasulullah Muhammad SAW yang membawa rahmat dan hidayah bagi umat manusia.

Tujuan utama dari peringatan Maulid Nabi ini bukan sekadar berkumpul bersama untuk merayakan, tetapi juga untuk memahami dan mengambil teladan dari kehidupan Rasulullah SAW. Beliau adalah sosok yang menjadi panutan bagi seluruh umat manusia, bukan hanya umat Muslim.

Rasulullah SAW lahir pada tahun yang penuh dengan kezaliman dan kegelapan. Namun, kelahirannya menghadirkan sinar terang yang menerangi dunia, menyaksikan lahirnya cahaya Islam yang membawa kedamaian dan keadilan bagi umat manusia. 

Beliau adalah insan yang paling mulia, dengan akhlak yang luar biasa, kebijaksanaan yang tiada tanding, dan kasih sayang yang meluap untuk umatnya.

Selama hidupnya, Rasulullah SAW memberikan teladan hidup yang sempurna kepada umatnya. 

Beliau menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan sesama manusia, bagaimana berbakti kepada orang tua, bagaimana menjaga kehormatan dan martabat wanita, bagaimana berjuang demi kebenaran dan keadilan, bagaimana menjalin persaudaraan yang kuat antar umat beragama, serta bagaimana memperkecil kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Dengan memperingati Maulid Nabi ini, kita diingatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam berperilaku, beribadah, dan berinteraksi dengan sesama. 

Kita diingatkan bahwa umat Islam seharusnya menjadi umat yang memberikan manfaat bagi dunia, menjadi duta-duta perdamaian, menjadi sumber ilmu, serta menjadi penerang dalam kesulitan yang dihadapi oleh umat manusia.

Melalui peringatan Maulid Nabi ini, mari kita tingkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Mari kita renungkan makna hidup terpuji Rasulullah Muhammad SAW untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian kita. 

Mari kita pererat tali silaturahmi di antara sesama umat Muslim dan juga dengan umat agama lain, sebagai bentuk nyata dari ajaran kasih sayang dan persatuan yang ditanamkan oleh Rasulullah SAW.

Terakhir, marilah kita menjadikan Maulid Nabi sebagai momen yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan, bukan sekadar acara seremonial. Mari kita manfaatkan peringatan ini sebagai momentum untuk bertaqarrub kepada Allah, memperbaiki diri, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih damai, adil, dan sejahtera.

Demikianlah sambutan singkat dari saya mengenai peringatan Maulid Nabi 2024. Semoga perayaan ini diisi dengan keberkahan dan membuat kita semakin mencintai dan mengikuti ajaran Rasulullah Muhammad SAW.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah ulasan mengenai contoh teks sambutan Maulid Nabi. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik