PTPP Bidik Lebih Banyak Proyek Pembangunan Fasilitas Kesehatan

PTPP Bidik Lebih Banyak Proyek Pembangunan Fasilitas Kesehatan

Ekonomi | inews | Senin, 9 September 2024 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berencana membidik lebih banyak proyek-proyek pembangunan fasilitas kesehatan. Hal ini didorong kesuksesan perusahaan dalam membangun proyek-proyek rumah sakit sebelumnya.

Sebagai informasi, PTPP telah merampungkan pembangunan tiga rumah sakit baru bertaraf internasional yakni, RS UPT Vertikal Makassar atau RS Kemenkes Makassar, RS MCHC Dr Hasan Sadikin, Bandung, dan Proyek RS Kanker Dharmais di Jakarta.

Ke depannya perseroan akan terus berinovasi dalam menciptakan karya terbaik, terus mempertahankan kualitas dan mengutamakan keselamatan, serta akan membidik proyek-proyek pembangunan fasilitas kesehatan yang akan menjadi fokus pemerintah Indonesia, ujar Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad dalam keterangannya dikutip, Senin (9/9/2024).

Terbaru, PTPP telah merampungkan pembangunan RS UPT Vertikal Makassar atau RS Kemenkes Makassar yang juga sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada pekan lalu. Proyek Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar merupakan rumah sakit terbesar di Indonesia bagian Timur yang memiliki luas bangunan sebesar 144.280 meter persegi dengan nilai kontrak Rp1,56 triliun.

Rumah sakit garapan PTPP ini merupakan Superhub, yaitu rumah sakit spesialis rujukan untuk menangani penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker, yang dikhususkan untuk mengakomodir pasien-pasien di wilayah Indonesia bagian tengah seperti Kalimantan, dan Indonesia Bagian Timur seperti Sulawesi hingga Papua.

Adapun lingkup pekerjaan PTPP pada proyek Rumah Sakit ini terdiri dari 11 bangunan, memiliki 4 bangunan utama yaitu podium, pelayanan jantung, pelayanan otak dan pelayanan kanker, serta beberapa fasilitas unggulan, utamanya yaitu fasilitas cyclotron.

Fasilitas cyclotron merupakan fasilitas pertama yang dimiliki Rumah Sakit Kemenkes di seluruh Indonesia untuk menghasilkan radioisotop untuk mendiagnosis dan mengobati kanker.

Dengan penyelesaian proyek ini, merupakan bukti nyata PTPP juga turut serta dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, kata dia.

Topik Menarik