Pemerimaan Mahasiswa Baru Unikom Tahun Akademik 2024-2025 dan Dies Natalis ke-24

Pemerimaan Mahasiswa Baru Unikom Tahun Akademik 2024-2025 dan Dies Natalis ke-24

Terkini | cimahi.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 17:50
share

BANDUNG, iNewsCimahi.id - 2.462 mahasiswa baru dari 7 Fakultas jenjang Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma di lingkungan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), resmi dikukuhkan Rektor UNIKOM, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., pada prosesi Sidang Terbuka Senat dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNIKOM Tahun Akademik 2024-2025, bertepatan dengan Dies Natalis UNIKOM yang ke-24, bertempat di SasanaBudaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jalan Tamansari no. 73 Bandung.

 

Direktur Humas dan Protokoler UNIKOM, Dr. Desayu EkaSurya, S.Sos., M.Si., CICS., selaku Ketua Pelaksana sekaligus Penanggungjawab PMB TA 2024-2025, dalamlaporannya menyatakan Agenda Sidang Terbuka Senatadalah dalam rangka Dies Natalis UNIKOM ke-24, Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024-2025, pemberianbeasiswa, pemberian penghargaan bagi karyawan dandosen teladan, serta mahasiswa berprestasi yang telahmengharumkan nama UNIKOM di kancah regional, nasional, bahkan internasional. 

 

Dalam kesempatan tersebut, ia pun menyampaikan selamat datang kepadaseluruh mahasiswa baru di kampus unggul, kampusberprestasi dengan moto “quality is tradition”, yaituUNIKOM. 

 

“You are the Chosen Ones (kamulah yang terpilih). Tidak semua yang melamar ke UNIKOM dapatkami terima karena tidak memenuhi kualifikasi. Setelahanda mengikuti proses perjuangan yang panjang untukberhasil menjadi mahasiswa/i, Allah meridhoi andamemenangkan pertarungan untuk masuk ke UNIKOM”, tuturnya.

 

Pelantikan Mahasiswa Baru UNIKOM dilakukan dengan memakaikan Jas Almamater secara simbolis oleh RektorUNIKOM kepada 6 (enam) orang mahasiswa baru, yang mewakili 6 (enam) fakultas yang ada di lingkunganUNIKOM, antara lain, Evania Salsabila Andariki (FEB), Izzi Izzatul Rachman (FD), Maisya Chaluela Anjani(FISIP), Raden Rama (FTIK), Calvin Tan Widjaja (FIB), dan Ranata Fatricia (FH). Usai mengenakan Jas Almamater, seluruh mahasiswa baru UNIKOM membacakan Janji Mahasiswa UNIKOM yang dipimpinoleh Raden Rama dari FTIK, diikuti secara bersama-samaoleh seluruh mahasiswa baru.

Wakil Rektor 1 Bidang Sumber Daya dan Kerja samaUNIKOM, Assoc. Prof. Dr. Agus Riyanto, S.T., M.T., CSBA, selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024-2025, melaporkan UNIKOM menerapkan sistemseleksi yang ketat dan tentunya transparan, mencakupujian online, wawancara, serta penilaian prestasiakademik dan non akademik. 

 

"Kami memastikan bahwa setiap calon mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama dan adil untuk menjadi mahasiswa, melaui 3 gelombag saringan ujian masuk UNIKOM. Sebanyak2.462 mahasiswa baru diterima di UNIKOM pada TA 2024-2025, yang terdiri atas, 59 mahasiswa Fakultas Pascasarjana, 1.251 mahasiswa Fakultas Teknik dan IlmuKomputer (FTIK) , 360 mahasiswa Fakultas Ekonomi danBisnis (FEB), 29 mahasiswa Fakultas Hukum (FH), 304 mahasiswa Fakultas Desain (FD), 381 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 78 mahasiswaFakultas Ilmu dan Budaya (FIB). Selain mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, terdapat juga mahasiswa asing yang berasal dari Brazil, Korea Selatan, dan Timor Leste.

 

Rektor UNIKOM, Prof. Dr. ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T., dalam pidatonya menyampaikan, para mahasiswa baru merupakan generasi yang pantang menyerah olehkarenanya ia menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah menjadi bagian keluarga besarUNIKOM yang memiliki budaya organisasi PIQIE.UNIKOM menerima 2.462 mahasiswa baru pada berbagaijenjang pendidikan yang ada. 

 

Dimana mahasiswa S1 termuda berusia tepat 15 (lima belas) tahun dari Prodi Sistem Informasi, sedangkan mahasiswa tertua S1 berusia 50 tahun 3 bulan dari Prodi Teknik Arsitektur. Hal ini sama-sama menunjukkan tekad diri untuk berprestasi. Usia bukanlah masalah untuk mencapai cita-cita danberprestasi. Para mahasiswa patut bersyukur bisa kuliahdi kampus UNIKOM yang berbasis pada ICT dan digital. DImana digital ICT sudah menjadi jantung dari peradabandunia, sesuai dengan yang dinyatakan Bill Gates, bahwainternet akan menjadi pusat bagi kehidupan masyarakatglobal di masa depan.

 

Lebih lanjut Prof. Eddy menyatakan, di era digital saat initerdapat hubungan yang sangat kuat antarapengembangan teknologi, inovasi dan entrepreneurship. 

 

Ia berharap para mahasiswa dapat memanfaatkankesempatan dengan baik. 

 

“Di kampus UNIKOM, saudaradiberi kesempatan untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya dan kampus akan mendukung. Yang paling utama sebagai mahasiswa, saudara harus kreatif, energik, positif, thinking, dan aktif. Anda harus harus jadi orang terbaik. Karena UNIKOM adalah kampus juara. Saudaraharus memposisikan diri pada posisi tersebut”, demikianpesan Prof. Eddy. Dalam kesempatan tersebut ia pun memperkenalkan jajaran pimpinan dan sivitas akademika UNIKOM, serta mengumumkan nama-nama mahasiswaberprestasi yang telah meraih kejuaraan kompetisi, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional," ucap Rektor.

 

Agenda Sidang Terbuka Senat dilanjutkan penyerahanapresiasi berupa penghargaan yang diberikan RektorUNIKOM kepada dosen dan mahasiswa berprestasi serta penerima beasiswa. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada dosen dan karyawan teladan, sertapenghargaan atas loyalitas pengabdian masa kerja 25 tahun di UNIKOM.

 

Jelang berakhirnya prosesi Sidang Senat Terbuka dalamrangka PMB UNIKOM TA 2024-2025, dilakukan sejumlahpengarahan kepada mahasiswa baru terkait PengenalanKehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), yang merupakan program Kemendikbud yang mulai diterapkanpada tahun 2023. Pada gelaran PKKMB tersebut, diberikan pengarahan terkait pengetahuan umum yang perlu diketahui oleh mahasiswa baru UNIKOM, diantaranya perihal Visi dan Misi UNIKOM, EtikaKemahasiswaan dan Sistem Penilaian AktivitasKemahasiswaan (SPAK), asuransi, pengenalan berbagaibidang kerja yang ada di UNIKOM, serta OrganisasiKemahasiswaan di lingkungan UNIKOM. 

 

Sidang Terbuka Senat dalam rangka PMB UNIKOM TA 2024-2025 berjalan dengan lancar, khidmat, dan sukses,tentunya merupakan buah dari sinergitas dan kolaborasiyang baik serta komitmen yang tinggi di antara berbagaibidang kerja yang terlibat, antara lain, Direktorat Humasdan Protokoler UNIKOM, Direktorat Kemahaiswaan, Direktorat AP2SC, PTV, Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Korps Protokoler Mahaiswa (KPM), Badan EksekutiMahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa (HIMA), serta Korps Sukarelawan PMI (KSR) UNIKOM. Jaya selalu UNIKOM.

Topik Menarik