Peristiwa 9 Agustus : Bom Atom Hancurkan Kota Nagasaki, Singapura Merdeka dari Malaysia

Peristiwa 9 Agustus : Bom Atom Hancurkan Kota Nagasaki, Singapura Merdeka dari Malaysia

Berita Utama | okezone | Jum'at, 9 Agustus 2024 - 05:30
share

BERBAGAI peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 9 Agustus baik di dalam maupun luar negeri. Salah satu paling diingat publik adalah serangan bom atom oleh Amerika Serikat ke Kota Nagasaki di Jepang saat Perang Dunia II. 

Bom berdaya nuklir yang dijatuhkan AS menghancurkan Nagasaki dan menewaskan banyak orang. Akhirnya Jepang menyerah.

Berikut catatan singkat peristiwa bersejarah pada 9 Agustus dari tahun ke tahun :

1. Menara Pisa Dibangun

Menara Pisa dibangun pada 9 Agustus 1173 di Distrik Tuscany, Pisa, Italia. Awalnya, menara lonceng katedral ini dibangun vertikal seperti gedung pada umumnya. Namun, lambat laun menara ini miring dengan sendirinya.

Pembangunan Menara Pisa dibagi dalam tiga tahap dengan memakan waktu 200 tahun. Pembangunan Menara Pisa rampung pada 1372. Menara ini menjadi salah satu warisan budaya di dunia dari UNESCO.

2. Pramuka Gelar Jambore Dunia ke-2

Pramuka menggelar jambore dunia kedua pada 9 hingga 17 Agustus 1924. Jambore dunia pramuka kedua tersebut digelar Ermelunden, sebuah kota di bagian utara Denmark, Kopenhagen.

Jambore ini diikuti 14 negara. Pada acara jambore ini diadakan kegiatan kompetisi kepanduan terdiri dari tes keterampilan scouting, tes stamina, inspeksi perkemahan, kebersihan, kedisiplinan, hingga hiking.

Jambore ini dibuka secara langsung oleh Raja Christian X dari Denmark, Rear-Admiral Carl Carstensen. Kepanduan pramuka laki-laki dari Amerika ‎memenangkan kompetisi dalam jambore ini.

3. Nagasaki Dibom Atom Amerika Serikat

Amerika Serikat melakukan penyerangan ke Kota Nagasaki, Jepang ‎pada 9 Agustus 1945. Penyerangan dilakukan dengan menjatuhkan bom atom dari pesawat pengebom milik Amerika B-29.

 

Nagasaki merupakan kota terpenting pada saat Perang Dunia II. Bom atom diterjunkan Amerika Serikat dan menghancurkan Nagasaksi ‎sebagai bentuk penyerangan. Dalam insiden tersebut tercatat 39.000 hingga 80.000 orang tewas.

Korban tewas akibat bom atom tersebut mayoritas masyarakat sipil. Pasca-pengeboman tersebut, Jepang menyerah kepada sekutu. Pada 2 September, Jepang menandatangani penyerahan diri yang juga sebagai akhir dari perang dunia kedua.

4. Singapura Merdeka dari Malaysia

Singapura resmi meraih kemerdekaannya dari Malaysia pada 9 Agustus 1965. Awalnya, Singapura merupakan bentuk kerajaan yang kemudian didirikan oleh Britania Raya atau Inggris pada 6 Februari 1819.

Singapura lantas bergabung dengan Malaysia pada 16 September 1963 dan resmi berpisah pada 9 Agust‎us 1965. Pasca-merdeka dari Malaysia, Singapura dipimpin oleh Presiden Yusof Bin Ishak.

Topik Menarik