Ace Hasan Syadzily Jaring Aspirasi Jemaah soal Pelayanan Haji 2024

Ace Hasan Syadzily Jaring Aspirasi Jemaah soal Pelayanan Haji 2024

Berita Utama | inews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 23:30
share

BANDUNG, iNews.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tb Ace Hasan Syadzily menjaring saran dan masukan dari jemaah terkait penyelenggaraan ibadah haji 2024. Ace Hasan Syadzily melakukannya melalui surat yang dikirimkan kepada jemaah haji Indonesia.

Sebagai Wakil Rakyat yang membidangi pelaksanaan Ibadah Haji ini, kami mengharapkan masukan dan kritikan dari Bapak/Ibu terkait dengan pelayanan transportasi, pemondokan selama di Mekkah & Madinah, katering (konsumsi selama di Mekkah, Madinah, Arafah dan Mina), pelayanan petugas haji, bimbingan manasik haji, dan lain-lain, demikian bunyi penggalan surat Ace Hasan Syadzily sebagaimana dikutip dari teks aslinya, Rabu (7/8/2024).

Menurut Ace Hasan, surat itu dia sampaikan kepada jemaah haji dari Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Hal itu dia lakukan di setiap selesai musim haji, khususnya pada daerah pemilihannya.

Jadi bukan hanya tahun 2024 saja, tapi tahun sebelumnya juga saya lakukan. Sudah tahun ketiga saya meminta masukan dari para jamaah dengan cara seperti ini. ni bagian dari tugas saya sebagai Anggota DPR RI untuk menyerap aspirasi, kata Ace Hasan Syadzily dalam keterangan tertulisnya.

Ace Hasan menuturkan, upaya yang dilakukan itu dalam rangka mendapatkan masukan dari para jamaah untuk mendengar dan menyerap aspirasi dari para jemaah haji di dapilnya. Aspirasi yang diserap selanjutnya dia sampaikan kepada Kementerian Agama dan pihak-pihak lain yang terkait dengan penyelenggaraan haji agar lebih baik pelayanannya.

Surat Ace Hasan yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat ini direspons oleh jemaah haji. Salah satu jemaah yang memberikan tanggapan adalah Maman Suherman asal Jawa Barat.

Secara keseluruhan Kementerian Agama RI sudah bekerja keras dengan baik, dan jika ada kekurangan bagi kami hal yang sudah lumrah, terlebih ibadah haji membutuhkan kesabaran yang sangat luar biasa (Ibadah pasti selalu ada ujian) tergantung sisi mana kita kenulai. Namun sejujurnya kami ikhlas dan bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji di tahun ini, kata Maman.

Indonesia tahun ini mendapat kuota sebesar 221.000 jemaah. Selain itu, ada tambahan sebesar 20.000 kuota sehingga totalnya menjadi 241.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Topik Menarik