Sejarah Mobil Militer AS, dari Jeep hingga JLTV

Sejarah Mobil Militer AS, dari Jeep hingga JLTV

Berita Utama | sindonews | Senin, 16 September 2024 - 17:03
share

Militer Amerika Serikat menggunakan banyak kendaraan operasional maupun mobilisasi perang. Salah satunya, mobil Jeep yang tergantikan oleh Humvee.

Saat Perang Dunia I, penggunaan Jeep menjadi pilihan Angkatan Darat AS. Hal ini berlanjut hingga Perang Dunia II sehingga nama Jeep menjadi populer.

Slash Gear melansir, Senin (16/9/2024) citra Jeep pun lekat dengan militer AS, meskipun penggunaannya sudah tak berlanjut lebih dari 40 tahun lalu. Lalu, jika Jeep begitu efektif sehingga menjadi kendaraan andalan Angkatan Darat AS, mengapa tidak digunakan lagi? Tuntutan militer yang berkembang pesat jawabannya.

Pada akhir abad ke-20, senjata menjadi lebih berat, dan kemampuan untuk membawa lebih banyak orang per kendaraan sangat dibutuhkan. Jeep tidak dapat memenuhi tuntutan ini.

Baca Juga:Jeep Freedom Edition, Jeep Untuk Hormati Pahlawan Amerika Menurut The New York Times, pada Maret 1983, Jeep digantikan oleh kendaraan yang lebih besar untuk mengikuti perkembangan militer modern saat ini. Kendaraan tersebut, yaitu High-Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle, atau Humvee.

 

Humvee menyebabkan berakhirnya layanan militer Jeep yang berlangsung selama beberapa dekade. Perlahan-lahan Humvee pun mulai ketinggalan zaman.

Kebangkitan dan penurunan Humvee

Humvee telah menjadi kendaraan militer ikonik. Bahkan, ada yang sampai mengatakan bahwa telah melampaui Jeep sebagai truk militer paling legendaris sepanjang masa.

Kompetitornya kini Hummer, yang pertama kali tersedia untuk dijual ke publik pada 1992. Tahun-tahun berikutnya melihat raksasa otomotif lainnya mencoba bersaing dengannya. Dalam kasus kendaraan militer lainnya yang diubah menjadi kendaraan sipil, Toyota Mega Cruiser ikut bersaing.

Baca Juga: Lebih Canggih dari Humvee, Inilah Mobil JLTV Buatan AS yang Dipakai Zionis

Sejauh catatan layanannya, Humvee telah melintasi berbagai medan perang selama beberapa dekade. Ia muncul dengan invasi Panama pada 1989. Kemudian mengambil posisi terkemuka selama Perang Teluk tahun 1990an.

Secara alami, Humvee tetap banyak digunakan oleh militer selama Perang Melawan Teror pada 2000an. Saat ini, kendaraan tersebut mulai kesulitan menjaga keamanan tentara di lingkungan perkotaan, dengan tembakan senjata kecil dan alat peledak improvisasi (IED) yang merusak mereka dan orang-orang di dalamnya.

Pintu dan jendela yang diperkuat bisa menjadi solusi yang baik, tetapi berat tambahan membuat Humvee lebih lambat, kurang bermanuver, dan rentan terhadap masalah mekanik yang luas.

Baca Juga: Spesifikasi Hummer Vs Warrior, Humvee Buatan AS dan Tiongkok

Di tengah masalah ini, dan nyawa yang dipertaruhkan, militer AS tidak punya pilihan selain mencari alternatif untuk Humvee. Pada waktunya, solusi yang efektif datang.

Meskipun Humvee masih digunakan oleh militer AS, posisinya sama dengan Jeep pada awal 1980an. Unitnya tidak lagi diizinkan di luar area yang aman di zona tempur, dan mulai digantikan oleh JLTV - Joint Light Tactical Vehicles pada 2018 di dalam Angkatan Darat dan Korps Marinir.

 

Pada 2021, JLTV telah menggantikan 10.000 Humvee. Melihat statistiknya, tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Kendaraan yang lebih tahan lama, lebih kuat, dan berkinerja lebih baik ini berasal dari produsen Oshkosh, dan bertahun-tahun pengujiannya diawasi pihak militer.

JLTV pun memerlihatkan tingkat keberhasilan misi yang lebih tinggi daripada yang menampilkan Humvee. Mereka menawarkan lambung tahan ranjau, perjalanan suspensi yang lebih panjang, dan mesin turbodiesel 400 hp, membuatnya secepat dan sekuat pelindungnya.

Seiring dengan semakin banyaknya penggunaan JLTV di medan perang, Humvee diperkirakan akan terus melayani di dalam Angkatan Darat dan Marin dengan kapasitas yang berkurang hingga 2050, ketika mereka akan secara resmi pensiun.

Topik Menarik