Bangladesh Mencekam, India Evakuasi Ribuan Pelajar termasuk Mahasiswa Asing

Bangladesh Mencekam, India Evakuasi Ribuan Pelajar termasuk Mahasiswa Asing

Berita Utama | inews | Senin, 22 Juli 2024 - 15:00
share

NEW DELHI, iNews.id – India telah mengevakuasi ribuan pelajar atau mahasiswa dari Bangladesh. Langkah tersebut menyusul bergolaknya situasi di dalam negeri yang dulu bernama Pakistan Timur itu di tengah aksi protes mematikan yang dipimpin kaum pelajar di Ibu Kota Dhaka. 

“Sejauh ini, lebih dari 4.500 pelajar India telah kembali ke India,” ungkap Kementerian Luar Negeri India dalam pernyataannya, Minggu (21/7/2024).

Dikatakan bahwa di antara mereka yang dievakuasi terdapat 500 pelajar dari Nepal, 38 dari Bhutan, dan satu orang dari Maladewa.

Sistem kuota perekrutan lapangan kerja yang diterapkan Pemerintah Bangladesh untuk jabatan publik menuai protes besar-besaran dari warga negara itu, terutama kaum pelajar. Aksi protes terhadap kebijakan itu meningkat pekan lalu, menyusul bentrokan yang disertai dengan kekerasan di Universitas Dhaka. 

Para pengunjuk rasa mendesak diakhirinya sistem kuota itu, yang memberikan 30 persen peran pemerintah kepada anggota keluarga veteran perang pada 1971. Mereka menuduh sistem itu sebagai bentuk diskriminasi dan pilih kasih terhadap para pendukung Perdana Menteri Sheikh Hasina, yang partainya memimpin gerakan kemerdekaan Bangladesh.

Pada Jumat (19/7/2024) lalu, pihak berwenang Bangladesh memberlakukan jam malam di seluruh negeri untuk meredam kekerasan. Aksi unjuk rasa yang berlangsung berminggu-minggu telah menyebabkan lebih dari 100 orang tewas dan sedikitnya 300 polisi terluka.

Topik Menarik