Keren! Turnamen Piala AFF U-19 2024 di Surabaya Akan Pakai VAR

Keren! Turnamen Piala AFF U-19 2024 di Surabaya Akan Pakai VAR

Berita Utama | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 06:20
share

SOLO, iNews.id- PSSI akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) di Piala AFF U-19 2024 di Surabaya. Rencana itu sudah disetujui oleh AFF.

Sebelumnya, VAR digunakan di semi final dan final Piala AFF U-16 2024 Indonesia. Langkah ini dilakukan meski penggunaan VAR tidak wajib di kompetisi kelompok umur.

"Jadi mengusulkan PSSI? Sama-sama," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat diwawancarai di Stadion Manahan Solo, Rabu (3/7) malam.

Dia menegaskan penggunaan VAR untuk event sepak bola internasional akan terus dilakukan. Rencananya, VAR juga akan digunakan untuk ajang AFF U-19 di Surabaya 17 Juli 2024 mendatang.

"Nanti U-19 juga kita pakai lagi VAR supaya kita sebagai tuan rumah tingkatnya beda. Kita kan udah pernah bikin U-17 piala dunia masa turun lagi?," kata dia.

Menurut Erick, kebijakan tersebut diterapkan karena Indonesia sebagai tuan rumah ingin naik kelas. Sekaligus menaikkan citra kompetisi AFF.

"Kita ingin sebagai tuan rumah juga baik kelas gitu. Jadi, kita yang mengharapkan bagaimana kita juga kan ada uji-coba," terang dia.

Tekhnologi VAR sedianya juga akan diberlakukan untuk Liga 1 Indonesia musim 2024-2025. Namun, PSSI tetap akan melakukan sejumlah perbaikan.

"Kemarin di Championship udah ujicoba. Nanti liga akan memakai VAR. Ya tidak ada salahnya kita juga melakukan perbaikan-perbaikan di kita tetapi standarnya AFF naik ada VAR ada LED," beber Erick.

Topik Menarik