Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Selamat Presiden Terpilih Iran Masoud Pezeshkian

Presiden Rusia Vladimir Putin Beri Selamat Presiden Terpilih Iran Masoud Pezeshkian

Berita Utama | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 16:42
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Masoud Pezeshkian atas terpilihnya dia sebagai presiden baru Iran. Hal itu diungkapkan oleh Istana Kepresidenan Rusia (Kremlin) di Moskow, Sabtu (6/7/2024).

"Tuan Pezeshkian yang terhormat, saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai presiden Republik Islam Iran," bunyi pernyataan Putin yang dirilis Kremlin, hari ini.

Dia mengatakan, hubungan Rusia-Iran selama ini bersahabat dan bertetangga dengan baik. Moskow dan Teheran secara efektif bersama-sama melakukan upaya untuk mengatasi masalah-masalah terkait dengan agenda internasional.

"Saya berharap aktivitas Anda sebagai presiden akan berkontribusi untuk membangun kerja sama bilateral yang lebih konstruktif di semua bidang demi kepentingan masyarakat kita yang bersahabat, demi kepentingan yang memudahkan keamanan dan stabilitas regional," kata Putin lagi.

Pezeshkian hari ini resmi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran. Anggota parlemen berhaluan reformis itu mengalahkan kandidat ultrakonservatif Saeed Jalili di putaran kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) Iran yang diadakan pada Jumat (5/7/2024) kemarin.

Pascaterpilih, Pezeshkian berterima kasih kepada rakyat Iran. Menurut dia, pemilu memang sudah berakhir, namun ini juga menjadi awal dari kerja sama antara dirinya dan rakyat.

"Jalan yang sulit ada di depan. Ini hanya bisa berjalan mulus jika ada kerja sama, empati, dan kepercayaan Anda," kata Pezeshkian dalam unggahan di platform media sosial X.

Topik Menarik