Lukisan Gua Tertua di Dunia di Sulawesi Berusia 51.200 Tahun, Ungkap Kisah Manusia Purba

Lukisan Gua Tertua di Dunia di Sulawesi Berusia 51.200 Tahun, Ungkap Kisah Manusia Purba

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:33
share

Sebuah lukisan gua di Sulawesi, Indonesia, diklaim sebagai karya seni tertua di dunia, dengan usia setidaknya 51.200 tahun. Tim peneliti internasional mengatakan bahwa adegan naratif dalam lukisan tersebut juga menjadikannya bukti tertua tentang seni.

Lukisan tersebut menggambarkan tiga sosok kecil manusia-burung yang mengelilingi babi hutan besar, "yang mungkin sedang mereka buru," kata Renaud Joannes-Boyau, salah satu penulis studi yang diterbitkan di jurnal Nature.

"Ini adalah sesuatu yang baru, sesuatu yang sangat penting, sesuatu yang terjadi jauh lebih tua dari yang kita duga," kata Joannes-Boyau, yang juga seorang profesor di Southern Cross University di Lismore, Australia.

Lukisan Tertua di Gua Leang Karampuang

Sampel lukisan diambil pada 2017 dari gua Leang Karampuang di pulau Sulawesi, Indonesia bagian timur. Namun, baru sekarang tim peneliti Indonesia dan Australia menggunakan teknik penanggalan baru yang menemukan bahwa lukisan tersebut ribuan tahun lebih tua daripada pemegang rekor sebelumnya, yang berada di gua lain di Sulawesi sekitar 10 kilometer jauhnya.

Penggambaran sosok manusia sangat jarang," kata Joannes-Boyau. "Tapi penceritaan berusia 51.200 tahun bahkan lebih luar biasa."

Keunikan Gua Sulawesi

Di antara ratusan gua di Sulawesi, terdapat beberapa lukisan gua tertua di dunia. Kemampuan pelestarian yang unik dari pulau ini, yang merupakan rumah bagi 20 juta orang, terletak pada cuaca dan topografinya, kata para ilmuwan.

Pemegang rekor sebelumnya, juga lukisan babi hutan yang menggambarkan adegan naratif, dibuat setidaknya 45.500 tahun yang lalu dan ditemukan di sebuah gua bernama Leang Tedongnge.

Teknik Penanggalan Baru

Air yang mengalir di dinding gua menyimpan lapisan mineral yang disebut kalsit. Lapisan kalsit tidak hanya melindungi lukisan tetapi juga dapat digunakan untuk menentukan usia mereka.

Namun, lapisannya biasanya tidak rata, seringkali menyerupai popcorn, kata Joannes-Boyau, sehingga sulit untuk menggunakan teknik penanggalan sebelumnya yang melibatkan pengambilan sampel dan rata-rata usia semua lapisan.

Kali ini, tim menggunakan teknik penanggalan berbasis uranium di mana sinar laser setebal sepertiga lebar rambut manusia disinari pada sampel kalsit yang jauh lebih kecil.

"Kami dapat menghitung usia pada lapisan yang benar-benar menempel pada cat," kata Joannes-Boyau.

Metode baru ini tidak hanya lebih efisien tetapi juga jauh lebih akurat, dan menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada artefak asli, kata para peneliti dalam studi tersebut. Para ilmuwan menggunakan teknik yang sama untuk menilai ulang usia lukisan lain dari Sulawesi, merevisi usianya menjadi setidaknya 48.000 tahun, 4.000 tahun lebih tua dari yang diperkirakan semula.

Penemuan yang Mengubah Pandangan

Penemuan ini menimbulkan pertanyaan baru tentang kemampuan nenek moyang manusia ribuan tahun lalu. Sementara tujuan dan makna sebenarnya dari lukisan itu tetap menjadi misteri, Joannes-Boyau mengatakan petunjuk mungkin ditemukan dari lokasinya, di sebuah gua yang tidak mudah diakses.

"Ini sebenarnya adalah tempat di mana Anda harus pergi untuk suatu tujuan dan mungkin terkait dengan semacam upacara," katanya.Penemuan ini adalah "momen yang sangat merendahkan hati" bagi para peneliti, katanya, menambahkan, "Ini adalah kisah kemanusiaan sebagai sebuah kelompoksosial."

Topik Menarik